Tingkatkan PAD Melalui B3P

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terus berupaya menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lampung Timur Senen Mustakim menjelaskan, harus diakui selama ini program pembangunan daerah masih mengandalkan suntikan dana dari pemerintah pusat berupa dana perimbangan.

Namun lanjutnya, Pemkab terus melakukan berbagai upaya dalam rangka menggali potensi PAD. Salah satunya, program Bulan Bhakti Bayar Pajak (B3P) tahun 2018.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Timur Senen Mustakim menjelaskan, program tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 16 Juli 2018 mendatang.

“Target dari program Bulan Bhakti Bayar Pajak antara lain, menumbuhkembangkan kesadaran wajib pajak agar membayar pajak tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah,” jelas Senen Mustakim didampingi Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Ahmad Fauzi.

Baca Juga:   Peduli Pasien Covid-19 dan Nakes, Bupati Lamtim Bagi-Bagi Nasi Kotak di RSUD Sukadana

Program selanjutnya adalah pendataan potensi pajak daerah dengan total mencapai 501.73 objek. Antara lain terdiri dari pajak bumu dan bangunan 485.670 objek, pajak hotel (17), Pajak Restauran (294), Pajak Hiburan (10), Pajak Air Bawah Tanah (33) dan Pajak Mineral 15.300 objek.
Dalam kesempatan yang sama Senen Mustakim menjelaskan, tahun 2018 ini target PAD mencapai Rp221,67 miliar. Dari jumlah tersebut, hingga April 2018 lalu telah terealisasi Rp15,887 miliar atau baru 7,17 persen dari target.

“Kami optimis, sebelum akhir tahun anggaran target PAD tersebut akan tercapai,” imbuh Senen Mustakim. (wid/gus)




  • Bagikan