Tinjau RSUD Batin Mangunang, Sekkab Minta Penambahan Bed di Ruang Isolasi

  • Bagikan
Sekretaris Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis meninjau RSUD Batin Mangunang Kotaagung untuk memastikan kesiapan rumah sakit jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 Selasa (22/6). FOTO SESPRI SEKKAB TANGGAMUS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batin Mangunang Kotaagung, Selasa (22/6).

Kunjungan tersebut diikuti Plh. Kepala Diskes Tanggamus Basri dan sejumlah pejabat di lingkungan diskes.

Hamid Heriansyah Lubis mengatakan, kunjungannya ke RSUD Batin Mangunang dalam rangka melihat kesiapan rumah sakit merawat pasien Covid-19. Hal itu seiring naiknya tren warga yang terpapar virus Corona di Tanggamus.

“Dari kunjungan ke RSUD, ada beberapa hal yang harus saya sampaikan. Di antaranya penambahan tempat tidur pada ruang isolasi dan pembangunan jaringan untuk penyaluran oksigen. Dari pusat oksigen ke ruangan perawatan pasien Covid 19 atau High Flow Nasal Cannula (HFNC). Ini harus segera dibangun atau dilakukan pengadaan agar pelayanan terhadap pasien Covid-19 yang memiliki gejala dapat dilakukan maksimal,” tegas Hamid H. Lubis.

Baca Juga:   Positif Covid-19 Tanggamus Tambah 40 Kasus

Dilanjutkan, pemerintah melalui instruksi Mendagri Nomor 14/2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro agar dioptimalkan di tingkat desa atau pekon. Diharapkan dapat memaksimalkan fungsi-fungsi perangkat atau organisasi terendah di tingkat pekon.

“Saya minta jajaran bidan desa yang berperan dalam surveilans utama pelaksanaan tracing atau monitoring  agar selalu memantau, apabila ada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri. Saya juga minta bidan desa dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, jaga kesehatan dan berdomisili di tempat bertugas,” pesan Lubis–sapaan akrab Hamid H. Lubis.




  • Bagikan