Tinta Pencetakan E-KTP di Pesawaran Hanya Cukup Hingga Agustus


KETUT PARTAYASA
KETUT PARTAYASA

radarlampung.co.id – Ribbon atau tinta untuk pencetakan KTP elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran diperkirakan hanya cukup hingga Agustus mendatang. Pemerintah pusat memberikan anggaran melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk pengadaan 160 buah ribbon dalam setahun.

Kepala Disdukcapil Pesawaran Ketut Partayasa mengatakan, saat pilpres dan pileg lalu, antusiasme masyarakat diluar dugaan. Berbondong- bondong melakukan perekaman KTP.





“Pencetakan yang sangat signifikan membuat ribbon kita hanya cukup sampai dengan Agustus ini saja,” kata Ketut, Jumat (14/6).

Jika sampai ribbon habis, dampaknya tidak dapat melakukan pencetakan KTP elektronik. Sehingga untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya akan meminjam ribbon dari Disdukcapil kabupaten atau kota yang lain.

“Kalau memang urgent, kita bisa pinjam terlebih dahulu dengan kabupaten atau kota yang lain,” ucapnya.

Ketua Forum Kadisdukcapil se-Lampung ini melanjutkan, untuk mengantisipasi ketersediaan ribbon hingga Desember mendatang, rencananya pada APBD Perubahan 2019 ini pihaknya akan mengusulkan pengadaan sebanyak 150 buah ribbon dengan nilai sekitar Rp600 juta.

“Alhamdulillah. Direspon cepat oleh pak bupati dan beliau akan menganggarkan pada APBD-P sebanyak 150 buah ribbon atau setara Rp600 juta. Nah, untuk antisipasi sebelum perubahan, kalaupun memang urgen kita akan pinjam dengan teman teman di kabupaten/kota lain,” pungkasnya. (ozi/ais)