Tips Jitu Memilih Laptop Gaming Bagi Pemula, Catat Ya!

  • Bagikan
Sumber: id.pinterest.com

RADARLAMPUNG.CO.ID-Main game adalah salah satu hobi yang banyak digandrungi oleh para pria. Selain menjadi hobi, main game juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Karena kini banyak sekali turnamen game yang diselenggarakan dengan hadiah uang yang sangat menggiurkan. Untuk memenuhi kegiatan main game jadi lebih menyenangkan, laptop gaming menjadi hal yang wajib banget dimiliki. Laptop gaming umumnya dirancang dengan spesifikasi khusus untuk bermain game.

Namun memilih laptop gaming berkualitas baik tidaklah mudah, karena saat ini sudah banyak laptop gaming dengan merk dan spesifikasi yang beragam. Karenanya, untuk membantu kamu memilih laptop gaming berkualitas terbaik, berikut kami akan memberikan tips jitunya untuk kamu.

Perhatikan Bagian Prosesor

 Prosesor memiliki peran sangat penting untuk mendukung aktivitas bermain game di laptop jadi lebih menyenangkan. Sebab prosesor sekarang ini sudah mempunyai grafis terintegrasi sendiri. Misalnya prosesor APU Ryzen buat laptop yang AMD kembangkan.

Prosesor dengan grafis terintegrasi dapat bekerja secara bergantian dengan kartu grafis pada laptop. Contohnya buat main game kartu grafis yang akan bekerja, sedangkan untuk mengetik, pengolah grafis prosesor yang bekerja. Dengan sistem seperti ini tentu laptop akan bekerja secara efisien dan efektif.

 Tipe VGA Laptop

 Memilih kartu grafis atau VGA sangat berpengaruh pada kualitas dan tampilan game yang kita mainkan, terutama buat game-game dengan skala berat. Saat ini ada dua vendor kartu grafis untuk laptop gaming yaitu AMD Radeon dan NVIDIA GeForce. Cobalah cari tahu terlebih dahulu berbagai review dari tipe kartu grafis di laptop yang kamu inginkan.

Kartu grafis AMD ataupun NVIDIA sangat banyak peminatnya sebab memiliki kinerja yang baik dan harga yang cukup terjangkau. Laptop dengan berbekal kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 950M cukup memadai untuk memainkan game-game terkini dengan sejumlah setingan grafis yang disesuaikan.

Sumber: id.pinterest.com

RAM Laptop

 Zaman sekarang gaming kebanyakan membutuhkan RAM yang lebih besar. Game yang bagus umumnya memerlukan spesifikasi RAM 8GB. Maka dari itu, pilihlah laptop yang dilengkapi dengan RAM minimal 8GB. Kalau ada dana lebih, memilih RAM 16GB tentu jauh lebih baik.

Namun jika budget terbatas, RAM 4GB tidak masalah untuk dipilih. Tapi pastikan laptop gaming tersebut memiliki slot tambahan. Jadi kalau nanti punya dana, kamu bisa menambah RAM 8GB untuk performa lebih baik.

 Media Penyimpanan

 Cari tahu terlebih dahulu mengenai media penyimpanan laptop yang kamu butuhkan. Ada 2 tipe penyimpanan, yaitu Solid State Drive (SSD) dan Hard Disk (HDD). Tipe yang SSD ini mempunyai kinerja yang lebih baik serta cepat. Namun umumnya SSD mempunyai kapasitas kecil. Jika pun ada SSD berkapasitas besar, harganya terbilang mahal.

Sedangkan HDD memiliki kinerja yang lebih lambat dibandingkan SSD. Namun HDD mempunyai kapasitas yang lebih besar. Kalau kamu sering bermain game dengan ukuran file yang tidak begitu besar, SSD tentu menjadi pilihan terbaik. Jika game yang dimainkan memiliki file besar, maka laptop dengan HDD adalah pilihan paling tepat.

 Ukuran Layar Laptop

 Main game pasti akan lebih seru dengan tampilan layar yang lebar. Nah, untuk layar laptop gaming yang lebih lebar, carilah laptop berukuran layar 15 hingga 17 inch. Kalau kamu tidak begitu mempermasalahkan layar, dan budget juga terbatas, laptop gaming berbekal layar 14 inch sudah cukup bagus untuk kamu pilih.

 Desain Laptop Gaming

 Kalau kamu tipe orang yang sangat memperhatikan  tampilan, terutama pada laptop, maka desain dan dimensi laptop gaming wajib sekali kamu perhatikan saat memilih laptop. Perhatikan desain dari laptop gaming tersebut serta cari tahu dimensi dan bobotnya.

Kalau kamu sering bepergian dan membutuhkan laptop gaming, maka laptop dengan desain lebih tipis sangat cocok dipilih. Sementara buat kamu yang lebih sering di rumah, laptop dengan bobot lebih berat tentu tidak terlalu menjadi masalah.

 Garansi Laptop

 Garansi dari laptop gaming juga jangan sampai kamu lewatkan. Setiap produsen laptop mempunyai masa garansi yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan garansi 1 tahun dan ada juga yang 2 tahun. Kalau kamu khawatir laptop cepat rusak dalam waktu 2 tahun ke depan, pilihlah laptop gaming dengan garansi 2 tahun lebih. Demikian ulasan tentang tips jitu memilih laptop gaming yang telah kami rangkum khusus untukmu.

Sumber: id.pinterest.com

Sudah menentukan laptop gaming yang kamu inginkan? Kalau begitu, belanja langsung laptop gaming idamanmu di e-Commerce Shopee! Ada banyak promo menguntungkan yang ditawarkan oleh Shopee dalam kampanye Mega Elektronik Sale yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari Ekstra Gratis Ongkir, COD, Ekstra Cashback 50%, dan Garansi 100% Ori. Promo-promo ini bisa kamu gunakan untuk belanja laptop gaming dan aksesoris lainnya dengan lebih hemat pada Elektronik Hobi Day 27 Juni 2021 di Shopee. Jangan lewatkan berbagai promo-promo menarik di Shopee untuk belanja lebih menyenangkan, ya! (rls/wdi)




  • Bagikan