TKD Siapkan Saksi Khusus Kawal Suara Pilpres

  • Bagikan
Suasana training of trainer Tim Koalisi Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin di Hotel Nusantara, Selasa (12/3). Foto Rima Mareta/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Tim Koalisi Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pasangan Capres Joko Widodo – Ma’ruf Amin menggelar Training of Trainers di Hotel Nusantara, Selasa (12/3).

Saksi yang di training ini disiapkan khusus untuk memeberikan trainer di tingkat TPS (tempat pemungutan suara) guna mengamankan suara Jokowi-Ma’ruf Amin. 

Direktur Saksi TKD Abdullah Sani mengatakan, pada Pilpres 2019 pihaknya telah menyiapkan masing-masing kabupaten/kota sebanyak 5 saksi, maka dikalikan 15 kabupaten/kota berkumpul 75 saksi. Kemudian 5 orang saksi lainnya berasal dari relawan.

“Saksi ini nantinya bakal menjadi tutor untuk melatih para saksi yang akan ditugaskan setiap TPS. Hari ini kita belum ke saksi TPS tapi bagaimana TKD melahirkan tutor-turot trainer, mereka akan melatih para saksi di sejumlah 26.265 TPS,” jelas Sani di Hotel Nusantara.

Baca Juga:   Wakabid PAN Lampung : Tidak Ada Seremoni Pelantikan Kepengurusan

Menurut Sani, saksi yang diberi pelatihan ini khusus mengawasi suara capres. Tidak parpol maupun caleg. “Saksi ini kan tentaranya paslon, kader partai yang menjadi ujung tombak di pusat pertempuran di TPS. Mereka juga bertugas memastikan C6 sudah sampai di rakyat belum. Saksi melibatkan kader partai koalisi. Mereka berbeda dari saksi partai,” sambungnya.

Sebelumnya, Rekrutmen telah dilakukan oleh partai koalisi sebelumnya. Seluruhnya terdiri parpol koalisi PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem, Perindo, PSI, PKPI, PBB.

Sayangnya hingga saat ini soal biaya saksi belum dalam pembicaraan. “Soal biaya belum kita tetapkan masih dalam perundingan dialog antar parpol koalisi dan calon,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan