Tok, Perda RPJMD Tanggamus Disahkan

  • Bagikan
Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan dan Bupati Tanggamus Dewi Handajani menandatangani berita acara persetujuan RPJMD Tahun 2018-2023 dalam rapat paripurna, Selasa (2/4). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID
Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan dan Bupati Tanggamus Dewi Handajani menandatangani berita acara persetujuan RPJMD Tahun 2018-2023 dalam rapat paripurna, Selasa (2/4). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – DPRD Tanggamus menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023. Hal tersebut diputuskan dalam rapat paripurna di gedung DPRD setempat, Selasa sore (2/4).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan tersebut dihadiri 30 anggota. Hadir Bupati Dewi Handajani, Wakil Bupati AM Syafi’i, Forkopimda, kepala OPD, kepala bagian dan camat.

Juru Bicara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Banperda) DPRD Tanggamus Sri Wulandari dalam laporannya mengatakan, Raperda RPJMD merupakan program pembentukan peraturan daerah Tanggamus tahun 2019 dan telah disepakati kepala daerah serta DPRD. Ini sebagaimana tertuang dalam Berita Acara Nomor: 8.22/16/08/2018 dan Nomor: 33/PIMP/I/20l8 tanggal 07 November 2018.

Baca Juga:   Gelar Forum Konsultasi Publik RPJMD

”Berdasar hasil pembahasan, Banperda DPRD Tanggamus memberikan sejumlah saran kepada pemkab. Pertama penyesuaian dengan data terbaru, termasuk proyeksi target angka indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH). ”Kedua, meninjau kembali program/kegiatan yang mendukung pencapaian IKLH dan ketiga, meningkatkan pendapatan dengan upaya peningkatan PAD,” kata Sri.

Selanjutnya, berdasar dokumen kajian rasio bencana Provinsi Lampung tahun 2016-2020, rawan bencana dengan resiko tinggi di Tanggamus antara lain tsunami, longsor, kebakaran, hutan dan banjir bandang. ”Untuk itu, pemkab  harus dapat mengakomodir rawan bencana tersebut secara keseluruhan,” tegasnya.

Sementara Bupati Dewi Handajani dalam pendapat akhirnya mengatakan, dengan ditetapkannya Perda tentang RPJMD Tahun 2018-2023, maka diinstruksikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melakukan beberapa hal. Pertama, penuntasan rencana strategis perangkat daerah sesuai urusan dan kewenangan masing-masing. Ini dilakukan dengan berpedoman pada RPJMD.

Baca Juga:   Gelar Forum Konsultasi Publik RPJMD

Kedua, melakukan koordinasi lintas sektor guna sinkronisasi dan penajaman program dan kegiatan. ”Ketiga, kami mengajak yang terhormat pimpinan dan anggota DPRD beserta seluruh komponen masyarakat Tanggamus untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pembangunan yang kita laksanakan. Mari kita kawal dan evaluasi bersama, demi memberikan yang terbaik bagi daerah,” papar Dewi. (ral/ehl/ais)

 

 

 



  • Bagikan