Tok! Suara Dendi-Marzuki Ungguli Nasir-Naldi

  • Bagikan
Ketua Komisi Pemilihan Umum Pesawaran Yati P. Sugino menandatangani berita acara rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pilkada tingkat kabupaten, Senin (14/12). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berdasar rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pilkada tingkat kabupaten, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran nomor urut 2 Dendi Ramadhona-Marzuki memperoleh 130.436 suara. Sementara rivalnya pasangan M. Nasir-Naldi Rinara mendapatkan 101.890 suara.

Ketua KPU Pesawaran Yatin P. Sugino mengatakan, ada beberapa data yang dikoreksi, karena pemilih menggunakan KTP elektronik dan surat keterangan.

“Ada di Kecamatan Waylima, Tegineneng dan Negerikaton yang dilakukan pembetulan. Ini sesuai PKPU Nomor 19/2020,” kata Yatin P. Sugino usai rapat pleno rekapitulasi dan penetapan penghitungan suara di Museum Transmigrasi Gedongtataan, Senin (14/12).

Yatin mengungkapkan, angka partisipasi pemilih pada pilkada 2020 ini mencapai 73 persen, berdasar quick count dan dari  daftar pemilih tetap (DPT) 318.793.

“Pada pilkada 2015 lalu, tingkat partisipasi mencapai 71 persen. Artinya mengalami peningkatan. Dibanding kabupaten lain, kita cukup stabil,” tandasnya.

Usai penetapan pleno, lanjut Yatin, berita acara akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Lampung. Kemudian ke Bawaslu dan saksi masing-masing calon.

Ada waktu tiga hari untuk menyampaikan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. (ozi/ais)



  • Bagikan