Top ! Kodim 0424/Tanggamus Bagi Ilmu Olah Sampah jadi Bahan Bakar

  • Bagikan
Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh. Anang Hasto Utomo saat memaparkan alat pengolahan sampah plastik kepada Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, didampingi, Ketua DPRD, Wakil Bupati serta Kapolres. Foto Hanibal Batman/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Komando Distrik Militer (Kodim) 0424 Tanggamus menyosialisasikan pengelolaan sampah, di Aula Islamic Center Kotaagung, Rabu (30/10). Komandan Kodim (Dandim) 0424 Tanggamus, Letkol Arh. Anang Hasto Utomo mengatakan, kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah merupakan bagian dari bimbingan teknis (Bimtek) terpadu yang diadakan oleh TNI-AD kepada seluruh kodim. dAN masing-masing kodim mengadakan kegiatan unggulannya.

“Kebetulan kami mempunyai teman dan kawan diskusi untuk mengubah sampah menjadi bahan bakar, maka pada kesempatan ini kami ingin membagi ilmu tersebut kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus, petani dan nelayan sehingga mendapatkan bahan bakar yang lebih murah dari pengelolaan sampah,” kata Anang.

Ia juga mengatakan, pengelolaan sampah menjadi bahan bakar ini juga diharapkan menjadi peninggalan yang berguna bagi masyarakat Tanggamus sebab dalam waktu dekat ini dirinya akan berpindah tugas ke Mabes TNI AD dengan jabatan baru sebagai Pabandya I sistem Informasi, Paban V pengendalian program dan anggaran staf perencanaan di Mabes AD.

“Jadi sebelum meninggalkan Tanggamus saya mempunyai kenang-kenangan. Ini yang saya berikan kepada Tanggamus ilmu tentang pengelolaan sampah, dan semoga bisa bermanfaat bagi petani dan nelayan yang menggunakan bahan bakar,”ujar Anang.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyambut baik kegiatan pengelolaan sampah yang diinisiasi oleh Kodim 0424 Tanggamus tersebut. Menurut bupati permasalahan sampah saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena jika tidak memiliki cara penanganan tepat serta mencari solusi terbaik, maka permasalahan sampah tersebut akan diwariskan kepada anak cucu.

“Oleh karenanya, kita harus selalu berupaya dan program ini juga sesuai dengan peraturan presiden nomor 96 tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional mengenai pengelolaan dan strategi nasional tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga,”kata Dewi.

Bunda Dewi sapaan akrab bupati juga menyampaikan, dalam hal pengurangan sampah, pemkab telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh dinas instansi dan kecamatan. Selain itu yang paling penting lanjutnya ialah bagaimana upaya dari semua pihak untuk mengelola sampah plastik menjadi barang yang berguna.

“Kita lihat TP PKK, juga telah mengolah sampah menjadi tas, tempat tisu dan lainnya itu adalah langkah yang sangat baik, dan ada juga sampah yang bisa diolah dan menghasilkan fungsi lain dan bernilai ekonomis, seperti yang saat ini digagas oleh Kodim 0424, sampah diolah dan menghasilkan minyak solar, bensin dan lainnya,”tandas bupati.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafi’i, Kapolres Tanggamus, AKBP Hesmu Baroto, Ketua DPRD Tanggamus Agus Heri Setiawan, organisasi perangkat daerah serta camat. (iqb/ehl/wdi)




  • Bagikan