Top ! Pemkab Tanggamus Kini Miliki Aplikasi e-Arsip SIKD

  • Bagikan
Deputi Pembinaan Kearsipan Supriyono menyerahkan aplikasi E-Arsip kepada Asisten Bidang Administrasi Jhonsen Vannisa didampingi Kepala DPKAD Gigih Rudiansyah, dikantor DPKAD. Aplikasi ini berfungsi agar supaya arsip penting dapat tertata dengan baik selain menyerahkan juga dilakukan pelatihan kaitannya dengan penggunaan aplikasi tersebut. Foto Hanibal Batman/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id—Pemkab Tanggamus kini miliki aplikasi e-Arsip dengan sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Aplikasi ini diserahkan langsung Deputi Pembinaan Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Supriyono kepada bupati Tanggamus yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Jhonsen Vannisa.

“Pengelolaan arsip dinamis berbasis elektronik sangat penting dalam mewujudkan good governance dan open governance terlebih saat ini manajemen kearsipan menjadi salah satu indeks penilaian reformasi birokrasi,”ujar Jhonsen.

Deputi Pembinaan Kearsipan Supriyono mengatakan, setelah diserahkannnya e-Arsip SIKD, ini diharapkan pengelolaan arsip dimulai dari penciptaan hingga terbentuknya daftar arsip hingga berkas arsip.

“Tujuan utama aplikasi e-Arsip ini ialah agar kearsipan bisa terjaga dengan baik, tidak ada yang hilang karena berdasarkan UU tentang kearsipan barang siapa yang menghilangkan arsip dengan sengaja ada ketentuan hukum mulai dari pidana umum maupun sanksi kearsipan lainnya, “ujarnya.

Masih kata Supriyono bahwa arsip yang awal disimpan dengan baik diantaranya pembentukan kabupaten sebagai sejarah kedepan, pelantikan bupati dari bupati dari awal hingga yang terbaru.”  Harus tersimpan dengan baik dan rapih sshingga  generasi mendatang bisa melihatnya,”tandasnya.(iqb/ehl/wdi)




  • Bagikan