Total, Delapan Nakes Puskesmas Kampung Sawah Positif Covid-19

  • Bagikan
Suasana Puskesmas Kampung Sawah, Jumat (25/6). Foto Prima Imansyah Permana/Radarlampung.co.id 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandarlampung telah melakukan swab antigen masal, kepada seluruh tenaga kesehatan (Nakes) dan jajaran Puskesmas Kampung Sawah, yang terletak di Jl. Arjuna, Kecamatan Tanjungkarang Timur (TkT), Bandarlampung.

Itu setelah dua nakes Puskesmas tersebut terkonfirmasi Covid-19, pada Jumat (25/6). Kepala Dinkes Bandarlampung Edwin Rusli mengatakan, dari hasil swab antigen masal Jumat lalu, didapat enam nakes puskesmas terkonfirmasi Covid-19.

“Ya, sudah dilakukan swab masal. Hasilnya sudah keluar. Jadi ditambah yang dua terkonfirmasi Covid-19, total ada delapan nakes yang positif Covid-19 di Pukesmas Kampung Sawah,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Minggu (27/6).

Edwin menerangkan, saat ini delapan Nakes tersebut tengah menjalani isolasi mandiri, begitu pula dengan nakes lainnya diminta sementara di rumah saja. “Mereka isolasi mandiri. Begitu pula yang lain kita minta di rumah saja dulu. Kalau ada gejala segera diperiksa,” ucapnya.

Baca Juga:   Gubernur Lampung Percepat Hadirkan Alat Terapi Plasma Konvalesen

Ditanya tertular dari mana nakes yang terkonfirmasi Covid-19, Edwin belum menyimpulkannya. Dirinya beralasan bahwa hasil tracing belum diterimanya. “Belum jelas, hasil tracing mereka belum dilaporkan ke saya, namun proses sterilisasi seperti penyemprotan disinfektan sudah kita lakukan,” ungkapnya.

Puskesmas Kampung Sawah, kata Edwin, sementara tutup selama satu pekan. Meski tutup pelayanan kesehatan bagi masyarakat maupun proses vaksinasi Covid-19 dialihkan ke puskesmas terdekat.

“Pelayanan tidak masalah, hanya puskesmasnya saja yang tutup. Kita alihkan ke puskesmas terdekat, seperti Puskesmas Kebun Jeruk dan Puskesmas Satelit. Masyarakat bisa berobat atau vaksinasi ke puskesmas terdekat,” tuturnya.

Dirinya pun mengajak semua pihak untuk disiplin menerapakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan menerapkan 5M (Mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, mengbatasi mobilisasi, dan menjauhi keumunan) untuk memutus penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Tapis Berseri.

Baca Juga:   Musa: Ikhtiar dan Doa Sudah, Kini Berserah Diri pada Allah

Diketahui, berdasarkan data di instagram Bappeda Lampung, hingga Sabtu (26/6) total terkonfirmasi Covid-19 Bandarlampung sebanyak 6.240 kasus, 5.719 orang selesai isolasi, dan angka kematian 364 orang. (pip/sur)




  • Bagikan