Transaksi Digital Meningkat, BCA Tingkatkan Keamanan Data Nasabah

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – PT Bank Central Asia Tbk atau BCA menekankan keamanan bertransaksi nasabah merupakan sebuah prioritas karena hampir sebagian besar transaksi dilakukan secara digital saat ini.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, adanya peningkatan transaksi digital, yang tercatat naik 33 persen dari 750 juta transaksi menjadi 1 miliar transaksi untuk transaksi internet banking, serta transaksi mobile banking BCA juga melonjak 66 persen yoy dari 1,41 miliar kali menjadi 2,35 miliar kali per Juni 2021.


Untuk itu, lanjutnya, BCA telah melakukam sejumlah inovasi seperti haloBCA Apps serta menyiapkan belanja modal atau Capital Expenditure (Capex) teknologi informasi. Hal ini dilakukan untuk mempercepat adaptasi digitalisasi yang kian mendukung ekosistem finansial dalam mendukung keamanan dan keandalan layanan transaksi. Untuk meningkatkan keamanan data nasabah, BCA pun meningkatkan sistem keamanan TI dan kualitas layanan perbankan lainnya.

Baca Juga:   Sambut Insentif PPnBM, PLN Siapkan Infrastruktur hingga Diskon Tarif Isi Daya Mobil Listrik

“Upaya menciptakan ekosistem perbankan digital Indonesia yang aman dan nyaman membutuhkan kolaborasi berbagai pihak. Keamanan bertransaksi digital merupakan tanggung jawab bersama antara penyedia layanan perbankan maupun penggunanya,” katanya, Senin (6/9).

Dikatakannya, pengembangan sistem keamanan TI BCA dilakukan dengan tujuan untuk melindungi keamanan data dan memastikan sistem TI dapat selalu siap melayani transaksi nasabah, termasuk menangkal dan mengantisipasi cyber-crime serta potensi fraud. BCA juga menerapkan strategi pengamanan mulai dari pengamanan jaringan, aplikasi, sistem komputer dan data. Semua pengamanan yang telah dilakukan bertujuan mengamankan data dengan konsep Data Loss Prevention (DLP).

“Untuk memastikan keamanan transaksi, BCA menerapkan pengamanan tambahan berupa two factor authentication untuk memastikan akses aplikasi dilakukan oleh orang yang tepat,” kata dia.

Baca Juga:   Sinergi Terbentuk, Bisnis BRI Didorong Dari Mikro, Oleh Mikro, Dan Untuk Mikro

Sementara, lanjutnya, untuk menghindari kejahatan perbankan, BCA terus mengedukasi nasabah untuk menjaga data pribadi, seperti tidak memberikan PIN, OTP, ataupun informasi rahasia dan pribadi kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Kemudian, tidak melakukan klik pada tautan pada email atau pesan yang mengatasnamakan BCA; Apabila terjadi kendala dalam bertransaksi dapat menghubungi contact center resmi Halo BCA melalui 1500888, WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca atau webchat www.bca.co.id. (rur/rls/sur)




  • Bagikan