Triwulan I 2018, Realisasi Investasi Tembus Rp 185 Triliun

  • Bagikan
 radarlampung.co.id – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penanaman modal asing (PMA) pada triwulan pertama tahun ini mencapai Rp 185,3 triliun.

Kinerja tersebut meningkat 11,8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama 2017, yaitu sebesar Rp 165,8 triliun.

Investasi tersebut menyerap 201.239 tenaga kerja Indonesia Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan, realisasi investasi triwulan pertama itu memberikan harapan bagi pencapaian target 2018 yang ditetapkan sebesar Rp 765 triliun.

Kinerja investasi juga amat memengaruhi jalan menuju pencapaian target pertumbuhan ekonomi 5,4 persen.

Pria yang karib disapa Tom itu menegaskan, untuk mempercepat realisasi investasi proyek-proyek PMA, pemerintah telah menyederhanakan prosedur perizinan tenaga kerja asing (TKA) dan mempercepat layanan izin TKA yang diperbolehkan bekerja di Indonesia. Upaya itu dilakukan agar penyelesaian konstruksi dan operasi produksi proyek investasi dapat segera terwujud.

Baca Juga:   Bisnis Kuliner Perkaya Inovasi 

Di samping itu, kebijakan penyederhanaan perizinan berusaha berdasar Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 diyakini dapat mengakselerasi peningkatan realisasi investasi

Kesamaan langkah semua instansi terkait di pusat dan daerah sangat diperlukan dalam mengimplementasikan kemudahan perizinan berusaha tersebut,” ujar Tom.

Selain itu, Tom berharap tax holiday atau pembebasan pajak bisa mendorong peningkatan investasi di bidang-bidang usaha prioritas yang tergolong industri perintis. (jpn/ynk)




  • Bagikan