Truk Terperosok di Jembatan Wayrarem, Sempat Bikin Macet Panjang

  • Bagikan
Truk terperosok di jembatan Way Rarem dan mengakibatkan kemacetan. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID- Truk jenis fuso BE 8842 DE bermuatan singkong, terperosok di Jembatan Way Rarem berada di Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum), Desa Ajikagungan, Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara (Lampura), sekitar pukul 17.00 WIB, Minggu (15/8).

Akibat peristiwa tersebut, lalu lintas sempat lumpuh total selama kurang lebih 1 jam lamanya, dan mengakibatkan antrian kendaraan.


Samsudin (51) warga Ajikagungan Kecamatan Abungkunang, mengatakan Truk bermuatan singkong saat ingin melintas di Jembatan, tiba-tiba ban depan masuk ke lubang jembatan. Sehingga kendaraan kehilangan keseimbangan, dan langsung terperosok membuat trik Fuso itu miring.

“Untungnya, kendaraan tidak terjun ke sungai. Sebab, sasis mobil tersangkut di rangka besi cor jembatan,” ujar pria dua anak itu.

Melihat kondisi kemacetan yang panjang, tambah Apriwan (34) warga lainnya, lalu masyarakat di wilayahnya membantu mengurai kemacetan. Sebab, banyak kendaraan besar memilih memutar balik. Sehingga memerlukan pengaturan lalulintas, sebelum petugas Lantas Polres Lampura tiba di lokasi.

“Saat ini, untuk kendaraan minibus bisa lewat. Tapi harus ekstra berhati-hati. Namun untuk truk atau bis sama sekali tidak bisa melintas,” kata dia.

Baca Juga:   Ditangkap, Tetangga Bejat Pencabul Bocah Dua Tahun

Hal itu dikarnakan, badan jalan yang tertutup body truk Fuso, terlebih kondisi jembatan yang masih rusak dan dalam perbaikan.

“Jembatan itu kan lagi diperbaiki. Setengah badan jembatan sama sekali tidak bisa dilalui kendaraan. Karna badan jalannya hanya meninggalkan kerangka besi saja,” terangnya.

Dirinya juga menyatakan pengemudi truk meninggalkan lokasi untuk mencari mobil truk derek. “Sopirnya masih cari truk derek. Kalau petugas lantas, baru saja tiba dilokasi. Jadi, kalau ingin melintas di lokasi, upayakan Jagan lewat jalur sini dulu, sebelum truk berhasil di evaluasi petugas,” kata dia lagi.

Kasat Lantas Polres Lampura, AKP Bambang mengatakan, truk Fuso bermuatan singkong saat itu dari arah Bukitkemuning menuju Kotabumi. Naas sampai di jembatan Wayrarem Desa Ajikagungan Abungkunang, truk itu terperosok di badan jembatan.

“Truk bermuatan singkong melebihi kapasitas, melintas di jembatan yang tengah ada perbaikan. Sopir truk
Nur Subekti (41) warga Mataram Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), tidak kehilangan kendali saat ban depan truk masuk ke lubang jembatan yang masih diperbaiki itu,” kata Bambang.

Baca Juga:   Mabes Polri Diminta Turun Tangan, Usut Pencemaran Limbah di Pesisir Lampung

Kendaraan itu, kata Bambang, saat ini masih berada di lokasi. Sementara, petugas lantas baik dari Polsek Bukit Kemuning dan Satlantas Polres Lampura, sudah berada di lokasi dan mengatur lalulintas. “Kalau jalan itu, sudah bisa dilintasi minimus. Tapi kalau truk belum bisa, itu dikarnakan mobil truk Fuso belum di evakuasi,” kata dia.

Diketahui, Jembatan WayraremJalan Lintas Tengah Sumatera‎, tepatnya di Desa Ajikagungan, Abungkunang, Lampura masih dalam perbaikan. Kondisi jembatan Way Rarem yang menjadi penghubung jalan tersebut kondisi cukup mengkhawatirkan.

Bagian tengah jembatan, terdapat dua lubang di bagian kanan dan kirinya. Satu lubang berukuran cukup besar dan satu lubang lainnya berukuran sedang. Besi – besi yang berada di balik aspal terlihat jelas. Kendaraan yang melintas dari dua arah terpaksa bergantian saat melintas di atas jembatan itu. (ozy/wdi)




  • Bagikan