Tubaba Tuan Rumah Pagelaran Seni Sunda IV

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Upaya memelihara tali silaturahmi, kebersamaan dan memupuk seni budaya daerah terus dilakukan warga Lampung asal Jawa Barat. Sabtu (30/10) Kabupaten Tubaba didapuk jadi tuan rumah pagelaran Seni Sunda IV 2021. Kegiatan itu rencananya digelar di Kompleks Kota Budaya Uluan Nugrik, Tiyuh (Desa) Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah. Perhelatan yang dihadiri peserta dari 15 kabupaten/kota ini berlangsung sejak Pukul 07.30 WIB.

Ketua Panitia Kesenian Sunda, Syarif Hidayat mengatakan kegiatan tersebut merupakan acara rutin setiap dua tahun sekali yang dilaksanakan oleh Paguyuban Pasundan.Digelarnya Festival Pasundan ini lanjut dia sebagai upaya mempererat silaturahmi antara masyarakat Lampung asal Jawa Barat dan masyarakat Lampung secara keseluruhan.

Lantaran masih dalam masa pandemi, perlombaan hanya dilakukan terhadap peserta yang masuk dalam lima besar, setelah sebelumnya terlebih dahulu diseleksi sejak tanggal 20 lalu di setiap daerah. “Acara besok itu yang datang adalah peserta yang masuk lima besar saja. Itu kami lakukan untuk menyiasati pengurangan jumlah pengunjung,”terang Yayat, sapaan akrabnya.

Berbagai perlombaan kolaborasi antara Sunda dan Lampung diantaranya lomba tari bedana dan jaipongan, kemudian lagu seperti Tanoh Lado. Pertandingan Silat Lampung dan Sunda. “Kategori perlombaannya antara lain, anggana sekar atau lagu solo, Rampak Sekar atau Kur, Silat, dan Pantun.”paparnya lagi. (fei/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan