Tulangbawang Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

  • Bagikan
Bupati Tulangbawang Winarti didampingi pejabat terkait mengikuti prosesi pemberian penghargaan secara online. Foto Diskominfo Tulangbawang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Setelah melalui proses panjang, Tulangbawang akhirnya menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Kabupaten Tulangbawang sendiri mendapatkan penghargaan tingkat madya.

Bupati Tulangbawang Winarti menjelaskan, penghargaan ini merupakan wujud kerja nyata pemerintah dalam mewujudkan lingkungan yang ramah untuk anak. “Ini juga bukti bahwa kebutuhan anak serta kepedulian pemerintah sangat besar terhadap tumbuh kembang anak-anak di Tulangbawang,” ungkap Bupati Winarti, Jumat (30/7).


Menurut mantan ketua DPRD Tulangbawang tersebut, raihan KLA merupakan bentuk kerja keras dan gotong royong bersama di tengah pandemi Covid-19.

Dilanjutkannya, sistem pembangunan hak anak dapat dipenuhi secara menyeluruh dan terencana. Dalam proses evaluasi, sistem pembangunan hak serta perlindungan anak secara menyeluruh dan berkelanjutan, mengarah pada kegiatan pembangunan untuk mewujudkan upaya kesejahtaraan anak.

Untuk mewujudkan KLA tidak mudah. Semua klaster atau indikator dan prasarat harus diperhatikan dan dipenuhi, seperti: kelembagaan, hak sipil, lingkungan keluarga, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, kegiatan budaya, perlindungan khusus, serta kebijakan pendukung lainnya. (nal/sur)




  • Bagikan