Tunda Kenaikan, Penyesuaian Tarif Tol Bakuheni-Terbanggi Tunggu Penyelesaian Perbaikan

  • Bagikan
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar tepatnya di gerbang Tol Natar, Lampung Selatan, Minggu (16/5). Sejak diberlakukan larangan mudik lebaran hari raya Idul Fitri 1442 H, JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar jalur A dan B masih terpantau sepi. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID-Rencana PT Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar akan melakukan penyesuaian tarif baru Tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar masih menunggu perbaikan struktur jalan.

Saat ini Tim PT HK masih terus melakukan perbaikan jalur di berbagai titik sambil melakukan sosialisasi penyesuaian tarif baik melalui media sosial, selebaran, flayer, brosur, banner, dan media pers.

“Penyesuaian tarif belum dilakukan karena kebijakan lain menunggu selesai perbaikan JTTS. Dan sambil menunggu kepastian penyesuaian, kita terus melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan,” kata Branch Manager PT Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Hanung Hanindito, melalui keterangan pers di Bandar Lampung, Rabu (16/6).

Menurut Hanung, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi. “Penyesuaian tarif tol ini akan mengikuti pengaruh inflasi dari daerah masing-masing, khususnya Provinsi Lampung. Penyesuaian tarif ini, lanjutnya, bertujuan untuk pengembalian dana investasi, pengembangan jalan tol, perbaikan dan menciptakan perekonomian yang baik,” ujarnya.

Baca Juga:   3.180 KPM Way Lima Dapat Bantuan Beras

Hanung mengatakan keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementrian PUPR) nomor 732/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini dikeluarkan pada 9 Juni 2021. “Sudah sejak tanggal 9 Juni 2021 surat penyesuaian tarif baru ini keluar. Ini akan aktif dan mulai diberlakukan 14 hari setelah tanggal ditetapkan yaitu 23 Juni 2021,” katanya.

Hanung menyebutkan, sosialisasi penyesuaian tarif ini sudah dilakukan sejak tanggal ditetapkan, melalui media sosial, selebaran, flayer, brosur, banner, dan media termasuk cetak dan online. Semua sudah dilakukan sosialisasi, untuk menghindari terjadinya kesalahan oleh perusahaan.

“Kita sudah gencar melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan, baik di gerbang tol, jalan raya, rest area, jembatan penyeberangan dan lainnya. Semua agar pengendara bisa mengetahui bahwa bulan ini ada penyesuaian tarif tol,” urainya.

Baca Juga:   Belasan Formasi CPNS 2021 Tuba Nihil Pelamar

Karena itu Hanung menjelaskan dengan adanya penyesuaian tarif tol ini, maka beberapa titik yang sering menjadi keluhan pengendara sedang dilakukan perbaikan, agar pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada pengguna bisa lebih prima. “Ada beberapa perbaikan jalan, ini salah satu bentuk kepedulian dan tugas utama kita untuk bisa membuat pengguna jalan lebih nyaman saat melintas di jalan tol,” jelasnya

Hanung juga mengimbau seluruh pengendara untuk tetap berhati-hati saat berkendara di jalan tol, beristirahat yang cukup, dan bila sudah merasa lelah dan ngantuk sebaiknya beristirahat di rest area yang telah tersedia untuk menghindari kecelakaan.

“Bila terdapat kejadian seperti habis minyak, pecah ban atau butuh bantuan dari petugas di lapangan, pengendara bisa langsung menghubungi call center yang telah di siapkan, yaitu di nomor telepon (0721) 0721 561 8009/ 0811 791 0812 atau melalui media sosial Instagram hk_tollbakter, dan Twitter hk_tollbakter,” imbaunya. (rls/wdi)




  • Bagikan