Turunkan Empat Alat Berat, Tutup Tanggul Jebol dan Bersihkan Material Longsor

  • Bagikan
Sekkab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis didampingi Camat Semaka Wiwin Triyani saat meninjau rumah warga yang terimpa longsor di Pekon Sukaraja. FOTO DOKUMEN KECAMATAN SEMAKA

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tujuh pekon di Kecamatan Semaka terdampak banjir setelah hujan deras turun di wilayah tersebut, sejak Senin malam (30/8) hingga Selasa pagi (31/). Meliputi Pekon Sukaraja, Kacapura, Sukajaya, Bangunrejo, Sedayu, Waykerap dan Pardawaras.

Camat Semaka Wiwin Triyani mengungkapkan, dari tujuh pekon, terparah terdampak banjir adalah Pekon Sukaraja. Di mana, ada dua titik tanggul yang jebol sehingga mengakibatkan air meluap ke pemukiman warga. Selain itu, banjir juga menghanyutkan sekitar tiga hingga lima makam yang ada di pinggir sungai.


“Terparah di Pekon Sukaraja. Ada dua titik tanggul yang jebol. Tapi pagi tadi alat berat sudah turun untuk menutup tanggul yang jebol,” kata Wiwin.

Baca Juga:   Bupati Tanggamus Lantik Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Dilanjutkan, berdasar data yang dihimpun, jumlah rumah yang terendam banjir di Kecamatan Semaka sebanyak 995 unit. Satu di antaranya tertimbun longsor.

Wiwin mengungkapkan, Sekretaris Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis bersama Kepala Pelaksana BPBD Ediyan M. Thoha sudah turun ke lokasi banjir untuk meninjau.

Sekkab juga mengunjungi rumah warga yang tertimpa longsor di Pekon Sukaraja. Dalam kesempatan itu, ia memberikan tali asih kepada pemilik rumah dan nantinya akan mendapat bantuan bedah rumah dari Pemkab Tanggamus.

“Masyarakat juga tadi sudah kita minta bergotong-royong untuk membantu memperbaiki rumah warga yang tertimpa longsor,” ujar Wiwin.

Lebih lanjut Wiwin mengatakan, ada empat alat berat yang sudah turun untuk membersihkan material banjir maupun menutup tanggul yang jebol. “Terkait tanggul di Sukaraja itu, kedepannya dilakukan pembronjongan,” ungkapnya. (uji/ehl/ais)




  • Bagikan