UIN RIL Gelar Wisuda Periode I/2021

  • Bagikan
penyerahan ijazah pada Wisudawan terbaik pada wisuda periode 1/2021 oleh Rektor UIN RIL Prof. Moh. Mukri. Foto dok UIN RIL

RADARLAMPUNG.CO.ID-Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar wisuda periode 1/2021 secara dalam jaringan (daring), Kamis (20/5). Sebanyak 999 mahasiswa diwisuda langsung Rektor UIN RIL, Prof. Moh. Mukri.

Wisudawan sendiri terdiri dari 923 wisudawan Sarjana strata 1, 51 wisudawan tingkat magister dan 25 wisudawan program doktor. Dalam sambutannya, Prof Mukri berpesan pada para lulusan UIN RIL Untuk memanfaatkan dan menggunakan posisi terhormat sebagai seorang lulusan UIN RIL sesuai dengan kemampuan dan keahlian di bidang masing-masing.


“Alumni UIN Raden Intan Lampung harus aktif dalam berbagai bidang pembangunan bangsa menumbuhkan kebaikan, memberikan contoh teladan, dan aktif membantu penyelesaian berbagai masalah yang terjadi,” beber Mukri.

Karena itu UIN RIL mengajak bersama-sama membangun kehidupan yang harmonis, damai, toleransi saling menghormati perbedaan, menjauhi permusuhan dan perpecahan, tidak menebar kebencian, keributan, provokasi keburukan, kata-kata tercela agama maupun penghinaan. Sehingga dapat membangun rasa saling menghormati antar anak bangsa yang berbeda-beda antara umat, bahkan antar manusia sesuai dengan misi Islam yang mengajarkan akhlak mulia dan rahmatan lil bangsa.

Berbagai pencapaian yang diperoleh UIN ril pun dijabarkan oleh prof Mukri. Mulai UIN ril menjadi perguruan tinggi terbanyak mendaftar tes um ptkin Sumatera dan tertinggi ke-7 secara nasional pada 2021. Prodi yang terakreditasi A juga terus bertambah pada akhir 2021 diharapkan separuh dari 30 Prodi sudah terakreditasi A.

UIN RIL memiliki 2 prodi Sains Murni yang sudah disetujui Kemdikbud yaitu Prodi S1 Sistem Informasi dan Prodi S1 Biologi. Memiliki 34 jurnal ilmiah aktif, menjadi pengelola keuangan terbaik kedua di jajaran PTKIN BLU se Indonesia, mendapat penghargaan dari UI greenmetric sebagai kampus terbaik 10 dari seluruh perguruan tinggi se-indonesia, sebagai PTKIN terbaik terbersih pertama dari 58 PTKIN yang terbaik pertama di luar pulau Jawa.

“UIN RIL juga masuk peringkat 3 nasional seluruh PTKI dalam peringkat SINTA terkait produktivitas publikasi ilmiah Dalam 3 tahun terakhir, selanjutnya masuk 4 besar UIN terbaik webometrics pada periode Juni 2021. Menjadi PPKI yang terbaik dan tercepat progres pembangunan gedung SBSN, sehingga dikunjungi langsung oleh menteri agama, sekjen Kemenag RI dan Komisi 8 DPR RI,” tambahnya. (rma/wdi)




  • Bagikan