UIN RIL Tuan Rumah Peluncuran SPAN-UM PTKIN 2021

  • Bagikan
Menag RI Yaqut C. Qoumas bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Rektor UIN Prof. Mukri. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID– UIN Raden Intan Lampung (RIL) menjadi tuan rumah pembukaan Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) tahunn 2021. Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas membuka langsung kegiatan ini.

Kedatangan Menag di kampus hijau UIN RIL ini disambut baik Rektor UIN RIL Prof. Moh. Mukri. ’’Alhamdulillah, kami ditunjuk sebagai tuan rumah dalam acara nasional. Ini sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian Agama atas berbagai prestasi yang telah diraih UIN RIL,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, UIN RIL mendapat penghargaan sebagai PTKIN dengan publikasi SPAN-UM PTKIN terbaik. “Hal ini patut disyukuri, tidak boleh berhenti disini, tapi juga harus menyebar ke yang lain,” tambahnya.

Dengan dibukanya SPAN-UM PTKIN, tahapan seleksi segera dilaksanakan (jadwal tahapan lihat grafis, Red).

Untuk tahun ini sendiri, Mukri mengatakan UIN RIL siap menerima mahasiswa baru. Kuota mahasiswa baru pada 2021 ini sebanyak 5500 hingga 6000 orang. Ada dua program studi yang dibuka di Fakultas Sains dan Teknologi yaitu Program Studi S-1 Ilmu Biologi dan S-1 Sistem Informasi. “Prodinya sudah dapat izin dari Kemendikbud, yaitu prodi ilmu biologi dan sistem informasi. Akan dimulai juga penerimaan tahun ini,” tambah Mukri.

Baca Juga:   DPRD Tuba Gelar Paripurna Rekomendasi Penyampaian LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020
Menag RI Yaqut C Qoumas

Sementara dalam sambutannya Menag Yaqut Cholil Qoumas, mengapresiasi capaian yang telah diperoleh oleh UIN RIL, “Ketika masuk kampus ini, saya merasa memang suasananya berbeda dengan kampus-kampus yang lain, jadi tidak salah jika kampus ini mendapat predikat sebagai kampus hijau,” ujar Menteri.

Menag juga mengingatkan pimpinan PTKIN untuk berinovasi dalam mengembangkan kajian keislaman. “Saya minta para rektor dan ketua berinovasi dalam mengafirmasi kajian keislaman atau Islamic Studies yang merupakan core competencies PTKIN,” tegasnya.

“Besarnya minat mahasiswa terhadap program studi umum di PTKIN perlu diapresiasi. Ini harus diimbangi dengan upaya untuk terus menghidupkan kajian-kajian strategis dalam bidang Islami studies,” sambungnya.

Menurut Menag, ada dua fakta yang harus menjadi perhatian pimpinan PTKIN.  Pertama, menurunnya minat pendaftar terhadap sejumlah prodi ilmu keislaman (Islamic Studies), antara lain: Ilmu Hadis, Manajemen Zakat dan Wakaf, dan Bimbingan Penyuluhan Islam. Minat terhadap Perbankan Syariah dan Manajemen Keuangan Syariah memang meningkat, namun masih kalah dengan Kedokteran, Psikologi, Sains dan Teknologi.

Baca Juga:   Persit KCK Ranting 2 Kompi Senapan A Berikan Santunan Kepada Anak Yatim

“Ini harus dipikirkan inovasinya,”imbuhnya.

Fakta kedua, input pendaftar PTKIN hampir 50 persen didominasi alumni SMA/SMK. Sebagian besar dari mereka lemah dalam Islamic Studies. Karenanya, perlu penguatan wawasan keagaman yang moderat.

“Ini juga harus diinisiasi programnya. Agar sejalan dengan penguatan moderasi beragama yang sedang digalakkan Kemenag,” pesannya.

Di hadapan forum Rektor, Menag kembali menegaskan tentang integritas, baik civitas akademika maupun alumni. “Jangan sampai ada civitas akademika dan alumni PTKIN yang terlibat perbuatan tercela seperti korupsi. Sebab menyandang status sebagai alumni PTKIN itu tidak lah mudah karena ada kata Islam,” tegas Gus Yaqut.

Peluncuran SPAN-UM PTKIN 2021 digelar di lapangan terbuka kampus UIN Raden Intan Lampung dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penularan Covid-19.

Baca Juga:   Persit KCK Ranting 2 Kompi Senapan A Berikan Santunan Kepada Anak Yatim

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Menag Zainut Tauhid Sa’adi, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi,Nizar Ali sebagai Sekjen Kementerian Agama, Direktur Jenderal Pendidikan Kemenag Islam Muhammad Ali Ramdhani, Ketua Forum Pimpinan PTKIN Babun Suharto, Ketua Panitia Nasional SPANUM PTKIN Mahmud. (adv)

 

Jadwal SPAN-PTKIN 2021

  • Pengisian dan Verifikasi PDSS (19 Januari–17 Februari 2021)
  • Pendaftaran Siswa (19 Februari–15 Maret 2021)
  • Proses Seleksi Gelombang I (19–23 Maret 2021)
  • Gelombang II (25–29 Maret 2021)
  • Pengumuman Hasil Seleksi (5 April 2021).

 





  • Bagikan