UIN RIL Tuan Rumah Pertemuan Mahasiswa se-Indonesia

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-UIN Raden Intan Lampung (RIL) membahas isu di bidang berkelanjutan bersama perwakilan mahasiswa se-Indonesia. Pembahasan ini melalui kegiatan pertemuan dengan nama National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) pada 27-29 Oktober 2021.

Mengutip dari situs radenintan.ac.id, NSLSM merupakan agenda yang dipayungi oleh UI GreenMetric selaku lembaga pemeringkatan universitas dunia di bidang keberlanjutan. Dan tahun 2021 merupakan agenda perdana NSLSM sehingga disebut The 1st NSLSM 2021.



Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) UIN Dr Eko Kuswanto MSi menjelaskan, UIN RIL dipercaya UIGM sebagai tuan rumah penyelenggara.

“Pertemuan ini dihadiri perwakilan mahasiswa dari sekitar 30 kampus se-Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid yaitu melalui luring dengan protokol kesehatan yang ketat dan daring melalui Zoom dan ditayangkan di kanal YouTube UIN,” paparnya.

The 1st NSLSM 2021 bertema Creating Future Leaders in Sustainability (Menciptakan Pemimpin Masa Depan di Bidang Berkelanjutan).

Menurut Eko, isu-isu keberlanjutan menjadi isu sentral saat ini sehingga perlu menyemai bibit-bibit pemimpin masa depan yang memahami isu-isu keberlanjutan dengan baik sehingga kelak bumi akan dapat diwariskan kepada generasi berikutnya dalam keadaan baik.

Hari pertama, 27 Oktober 2021, Kegiatan The 1st NSLSM 2021 berlangsung di Hotel Emersia, Bandar Lampung, dengan pembicara utama yakni Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg, Ketua UI GreenMetric Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MSc MM, dan Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana MSi. Hari kedua berlangsung kegiatan diskusi panel dengan berbagai tema, diisi oleh para peserta The 1st NSLSM 2021 di Kampus UIN RIL dan secara daring.

Hari ketiga, peserta dari perwakilan mahasiswa yang hadir secara luring melakukan Aksi Tanam Mangrove dan Beach Clean Up di Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung. (rls/wdi)






  • Bagikan