UKM Kewirausahaan UML Lahirkan Produk Pangsit Yang Enak dan Bersaing

  • Bagikan
Rektor UML Dr. Dalman, M.Pd. bersmaa mahasiswa yang menghasilkan produk wirausaha Pangsit UML. Foto sumber UML

RADARLAMPUNG.CO.ID-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) lahirkan produk makanan yang baru dan banyak digemari berbagai kalangan. Yakni pangsit UML, karya UKM kewirausahaan UML.

Dengan lahirnya satu produk makanan ini, menunjukkan UML yang merupakan enterpreneur kampus ini untuk mendorong seluruh mahasiswa nya melakukan inovasi menjadi enterpreneur. Rektor UML, Dr. Dalman, M.Pd. mengatakan UML sebagai entrepreneur kampus, memang mahasiswa nya diminta memiliki program wirausaha. ” Jadi mahasiswa ini memiliki kegiatan-kegiatan yang namanya ada UKMdi sini. Mereka kita minta untuk dapat mengembangkan program kewirausahaan. Jadi bisa mereka ini bisa membuat usaha yang baru ataupun mengembangkan usaha ya sudah ada,” terang Dalman Jumat (5/3).


Dan menurut Dalman, telah di launching salah satu hasil program wirausaha mahasiswa ini yang namanya pangsit UML. “Jadi ternyata rasanya pangsit ini luar biasa , Rektor sudah mencobanya itu luar biasa enaknya ya apalagi kalau untuk cemilan-cemilan saat kita mengerjakan tugas ataupun ketika kita dalam waktu makan,” jelasnya.

Dalman mengatakan, dengan harga Rp8000 per bungkus dan memiliki banyak rasa, pangsit UML bisa bersaing. Apalagi yang membuat merupakan mahasiswa gabungan yang bergabung untuk membuka wirausaha ini. “Mereka juga tergabung dalam tim mahasiswa centre of excellent dan mereka memiliki UKM kewirausahaan sehingga rektor sangat apresiasi yang dilakukan mahasiswa, saya juga telah memberikan reward kepada mereka supaya mereka semangat, termotivasi lagi untuk buka usaha yang lain,” lanjutnya.

Baca Juga:   Baseball Melaju ke Semifinal, Softball Tekuk Banten

Mahasiswa tersebut juga tengah menyiapkan Proposal hibah dirjen Dikti yang akan mereka ikuti PKM wirausaha. “Mudah-mudahan bisa lolos. UML akan memberikan stimulus kepada mahasiswa yang memang gemar dan senang berwirausaha sebesar Rp5 juta per proposal apabila proposal ini dipandang layak untuk dibiayai. Namun ada seleksi khusus oleh tim seleksi UML,” tandasnya.

Selain itu, saat ini menurut Dalman UML juga tengah membuka penerimaan mahasiswa baru. gelombang I akan dibuka hingga 31 Maret mendatang. Menurut Dalman, banyak beasiswa yang akan diberikan.

Salah satunya beasiswa UML Peduli Covid-19. “Jadi untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 ini, kita memberikan berbagai beasiswa untuk calon mahasiswa baru yang akan masuk salahsatunya program beasiswa UML peduli covid-19. Di mana, kita berikan kepada calon mahasiswa yang akan kuliah di UML dengan 5 Prodi pilihan,” jelasnya.

Diantaranya Prodi sastra Inggris, Prodi perbankan syariah, Prodi pendidikan bahasa Indonesia, Prodi pendidikan bahasa Inggris dan prodi pendidikan matematika. Ke lima prodi diberi beasiswa dengan program UML peduli Covid-19 berupa pengurangan SPP, dan hanya membayar SPP sebesar Rp625 ribu per semester.

“Bagi yang daftar di gelombang pertama insyaallah akan kita berikan 50% biaya DPI (dana pengembangan institusi), normalnya Rp3 juta jadi hanya Rp1,5 juta,” tambahnya.

Baca Juga:   Bantuan untuk 14 UMKM di Pekon Kampung Jawa

Kemudian ada program khusus yang diberikan untuk perwakilan desa. Di mana, UML memberikan kesempatan 4 orang per desa untuk bergabung. Adapula beasiswa potongan SPP 50% untuk Prodi pendidikan luar biasa, Kemudian pendidikan agama Islam dan ekonomi syariah juga diberikan beasiswa sebesar yaitu 50%.

“Kemudian kami juga beri beasiswa untuk jurusan psikologi sebesar 25% dan teknik elektro juga 25%. Kemudian beasiswa 30% untuk prodi Ilmu pemerintah dan ilmu komunikasi, ada juga beasiswa bagi calon mahasiswa yang berprestasi akademik dan non akademik, begitu juga beasiswa untuk guru mengaji dan beasiswa Untuk Hafizh Quran kalau 30 juz akan diberikan gratis SPP,” lanjutnya.

Ada juga beasiswa yang diberikan kepada Takmir masjid, dan beberapa beasiswa lainnya. Maka itu, Dalman mengajak semua calon mahasiswa untuk bergabung bersama UML. Apalagi, UML saat ini yang masih dalam proses pembelajaran dalam jaringan (daring) karena pandemi Covid-19 juga bakal diberlakukan saat Nanti mungkin setelah tidak ada Covid-19.

“Mungkin nanti jika Covid-19 sudah tidak ada, masih ada daring hanya ditambah luring, kita menanggapi sekarang di era digitalisasi karena jika tidak menyimapi itu mahasiswa akan tertinggal,” jelasnya.

Informasi lebih lanjut beasiswa penerimaan mahasiswa baru di 08117637777 atau medsos resmi Instagram @um_lampung, FB fanpage di UML Official, Twitter um_lampung, atau website www.uml.ac.id. (rma/wdi)




  • Bagikan