UMK Lampung Barat Rp2.328.399

  • Bagikan
BUSRAN HAMID

radarlampung.co.id – Upah minimum kabupaten (UMK) Lampung Barat 2019 ditetapkan sebesar Rp2.328.399. Angka itu berdasar keputusan Gubernur Lampung Nomor: G/554/V.07/HK/2018 tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Lampung Barat tahun 2019 tertanggal 21 November 2018.

”UMK tersebut sesuai dengan usulan yang kita sampaikan ke Pemprov Lampung. Kalau melihat jumlahnya, UMK tahun ini naik Rp87.095 dibanding tahun lalu,” kata Kabid Tenaga Kerja Busran Hamid mewakili Kepala Dinas Penanaman Modal  Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Lambar Ahmad Hikami,” Selasa (8/1).

Menurut dia, penerapan UMK di Lambar berlaku sejak 1 Januari 2019. ”Jadi kita berharap kepada pimpinan perusahaan se-Lambar agar memberlakukan UMK sesuai aturan,” tegasnya.

Dilanjutkan, dalam keputusan Gubernur Lampung Nomor G/554/V.07/HK/2018 tersebut, selain menjelaskan tentang jumlah UMK, bagi perusahaan di Lambar yang telah memberikan upah lebih besar dari ketentuan upah minimum sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu keputusan Gubernur Lampung, tidak diperbolehkan untuk mengurangi dan atau menurunkan upah dimaksud.

”Menindaklanjuti terbitnya SK Gubernur Lampung  tentang UMK Lambar tahun 2019, kita akan mengirimkan surat edaran (SE) kepada seluruh perusahaan dan pelaku usaha yang ada di Lambar,” sebut dia.

Selain itu, pihaknya juga akan menyosialisasikan UMK tahun berjalan. Kemudian mengimbau kepada perusahaan yang ada di Lambar tentang pentingnya wajib lapor tenaga kerja dan penerapan UMK sesuai aturan. (lus/ais)




  • Bagikan