UML Dukung Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka dan Percepatan IKU PT

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) mendukung program implementasi kebijakan Kampus Merdeka dan percepatan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

Rektor UML, Dr.Dalman mengatakan, mengapresiasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah II, untuk mendampingi UML dalam hal Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka dan IKU PT.


Adapun 8 IKU PT tersebut, yakni lulusan mendapat pekerjaan yang Layak, Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, Dosen berkegiatan di luar Kampus, Praktisi Mengajar di Dalam Kampus.

Kemudian, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif dan program studi berstandar internasional.

“Percepatan IKU ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika UML dalam mewujudkan implementasi kampus merdeka sesuai dengan arahan dari Kemendikbudristek,” ungkap Dalman, Senin (18/10).

Dia melanjutkan, UML juga terus melakukan kerjasama, baik dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri dan stakeholder terkait.

“Kita harus mempertahankan reputasi akreditasi saat ini, sehingga tidak hanya dikenal baik di dalam negeri. Tapi juga internasional,” ujarnya.

Koordinator Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI, Win Honaini menjelaskan, berdasarkan Permendikbud Nomor 3/M/2021 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan lembaga layanan pendidikan tinggi di kementrian pendidikan dan kebudayaan, perlu dilaksanakan sosialisasi tentang program indikator kinerja utama perguruan tinggi  peringkat akreditasi unggul LLDikti Wilayah II.

“Sudah tentu dalam hal ini UML sebagai pengelola mempunyai strategi khusus yang untuk meraihnya. Kami akan terus mendampingi untuk mewujudkan akreditasi unggul tersebut,” ungkap Win Honaini

Win Honaini juga berharap pihak Universitas UML mampu menyampaikan informasi Program Kemendikbudristek dalam Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka dan Percepatan IKU PT kepada Fakultas Fakultas yang di UML.

“Ini supaya Fakultas Fakultas UML makin diakui di kancah nasional dan internasional,” pintanya.  (gie/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan