Umumkan Hasil Penelitian Keabsahan Administrasi Balon Kapekon


RADARLAMPUNG.CO.ID – Tahapan pemilihan kepala pekon serentak di Tanggamus berlanjut. Pengumuman hasil penelitian persyaratan kelengkapan dan keabsahan administrasi bakal calon kepala pekon kepada masyarakat tanggal 25 Mei sampai 30 Mei.

Diketahui, tahapan pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak 68 pekon di Tanggamus telah dimulai. Bagi mereka yang berminat menjadi bakal calon (balon) kepala pekon, bisa mendaftar ke sekretariat panitia masing-masing pekon.





“Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 14-25 April lalu ,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanggamus Arpin.

Dilanjutkan, berdasar tahapan pilkakon, jika hanya terdapat satu bakal calon, maka diberikan tambahan waktu pendaftaran yakni dari 26 April sampai 12 Mei.

Baca Juga:   Bupati Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Rob

Setelah pendaftaran selesai, dilanjutkan tahapan proses penelitian persyaratan kelengkapan bakal calon oleh panitia pemilihan kepala pekon di tingkat pekon dari 13-24 Mei.

Pengumuman hasil penelitian persyaratan kelengkapan dan keabsahan administrasi bakal calon kepala Pekon kepada masyarakat tanggal 25-30 Mei.

Lalu, tindak lanjut panitia terkait dengan pengumuman hasil penelitian 31 Mei hingga 3 Juni.

Pengusulan pada panitia pemilihan tingkat kabupaten untuk mengadakan seleksi bakal calon bila lebih dari lima orang dari 6-7 Juni. Dilanjutkan pelaksanaan seleksi oleh panitia pemilihan tingkat kabupaten dari 8-9 Juni.

Kemudian pengumuman hasil seleksi dari panitia pemilihan kepala pekon tingkat kabupaten kepada panitia pemilihan pekon dari 10-13 Juni.

Baca Juga:   DPRD Tanggamus Sampaikan Dua Raperda Inisiatif

Selanjutnya penetapan bakal calon kepala pekon dan nomor urut oleh panitia pemilihan tingkat pekon pada 14-15 Juni. “Lalu pengumuman calon kepala pekon kepada masyarakat pada 16 Juni,” urai Arpin.

Setelah itu dilanjutkan tahapan pemungutan suara pada 7 Juli. Terakhir, tahapan penetapan calon terpilih dan pelantikan. (ehl/ais)