Unik, TPS 02 Sawah Lama Usung Konsep Pesta Ulang Tahun dengan Mengedepankan Protkes Covid-19


Suasana pemungutan suara atau pencoblosan pada Pilwakot 2020 di TPS 02 Sawah lama, Tanjungkarang Timur, Bandarlampung, Rabu (9/12). TPS tersebut mengusung konsep pesta ulang tahun dan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menjadi satu dari dua TPS percontohan penerapan protokol kesehatan di Kelurahan Sawah Lama, Tanjungkarang Timur (TkT), TPS 02 usung konsep Pesta Ulang Tahun dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19.

Terpantau, tiba di TPS pemilih langsung diminta mencuci tangan menggunakan sabun, kemudian dicek suhu tubuh dan diberi nomor antrian. Setelah itu melakukan absensi dengan diberi sarung tangan, untuk mengambil surat suara dan mencoblos di bilik.





Setiap petugas KPPS menggunakan masker, sarung tangan, dan face shield. Pemilih pun disuguhkan suasana pesta ulang tahun dengan tulisan-tulisan cerah. Petugas menggunakan topi kerucut khas ulang tahun serta terdapat balon dan pita warna warni.

Achmad Ronnie selaku Ketua RT 06, Lk 01 Kelurahan Sawah Lama menuturkan, konsep ulang tahun ini tidak lain untuk menarik mibat pemilih, terutama kaum milenial untuk menyalurkan hak suaranya di TPS.

“TPS 02 ini ada 436 mata pilih dari warga masyarakat RT 04, 05, dan 06 Lk 01. Dengan konsep kekinian dan tetap mengedepankan protkes Covid-19,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, saat ditemui di sekitar TPS 02, Rabu (9/12).

Fasilitas yang diberikan pun dijamin nyaman bagi para pemilih. “Jadi masyarakat tidak perlu mengantre karena sudah ditetapkan waktunya, jadi cukup datang, duduk, dan masuk bilik suara,” terangnya.

Untuk bilik suara di TPS tersebut, diungkapkan Ronnie ada tiga, dua bilik untuk umum dan satu lagi untuk pemilih dengan suhu tubuh di atas 37°C. “Ada atau tidak ada yang suhu tubuhnya diatas 37°C tidak akan digunakan untuk umum,” tuturnya.

Di mana, TPS 02 sendiri menurutnya merupakan satu dari dua TPS percontohan penerapan Protkes Covid-19. “Satu lagi TPS 04. Di Kelurahan Sawah Lama sendiri ada enam TPS dalam Polwakot tahun ini,” tuturnya. (pip/sur)