Unila Fasilitasi Lampung Tuan Rumah Rakor KKN Kebangsaan 2018

  • Bagikan

radarlampung.co.id—Universitas Lampung gelar Rapat Koordinasi (Rakor) ll KKN Kebangsaan 2018 dengan mengangkat tema Merajut Kebersamaan dan Kesamaan Dalam Kebhinekaan (Piil Pesenggiri) bertempat di Ballroom Swiss-Belhotel Lampung Jl. Rasuna Said No.18, GulakGalik, Teluk Betung Utara, Bandarlampung.

Dihadiri Gubernur Provinsi Lampung yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan & Kesra Drs. Heri Suliyanto, M.M. Kapolda Lampung yang diwakili oleh, Kombes Pol Sis Mulyono, SH. Danrem Kolonel Kav Erwin Djatniko, S.Sos. Danlanal Kolonel Laut (P) Albertus Agung Prio Suseno. Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, SPdi. Bupati Tulang Bawang Barat yang diwakili oleh Wakil Bupati Fauzi Hasan, SE. M.M.

Selanjutnya turut hadir, Bupati Lampung Timur Hi. Zaiful Bokhari, ST. M.M, Wali Kota Bandar Lampung atau yang mewakili. Jajaran Pimpinan Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. beserta para Wakil Rektor, Forkopimda Prov. Lampung dan Seluruh Peserta Rapat Koordisani ll KKN Kebangsaan Tahun 2018 di Provinsi Lampung.

Rektor Universitas Lampung, Hasriadi Mat Akin, menjelaskan Universitas Lampung sangat terhormat dapat dipercaya menyelenggarakan KKN Kebangsaan 2018, dan berbagai persiapan telah dilakukan panitia secara mendetail. “Provinsi Lampung disebut sebagai Indonesia mini, karena hampir seluruh suku Indonesia ada disini. Semoga dalam pelaksanaanya tidak terdapat halangan yang sangat berarti,” ujar Mat Akin.
Ia menjelaskan KKN merupakan kegiatan intra kurikuler dan salah satu mata kuliah yang bertujuan membentuk jati diri mahasiswa dalam mengabdi dan memperdayakan masyarakat, serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul ditengah masyarakat.
“Terdapat 641 mahasiswa dalam kegiatan KKN kebangsaan ini yang berasal dari Sabang sampai Merauke. Dan mereka adalah generasi penerus kita yang akan mewarisi bangsa Indonesia,” jelas Mat Akin.

Ketua Pelaksana Rapat Koordinasi ll Sri Maluyo, Ph.D mengatakan, penetapan Lampung sebagai tuan rumah KKN Kebangsaan tahun 2018 mendapatkan sambutan dan dukungan luar biasa dari Pemerintah Provinsi Lampung dan stakeholder lainnya.

Baca Juga:   Itera Bahas Adaptasi Tataan Geologi Sumatera

“Terima kasih banyak kepada Pemerintah Provinsi Lampung, Pemeritah Daerah Tanggamus, Tulang Bawang Barat, Lampung Timur dan, TNI/Polri yang telah memberikan kesempatan dan dukungan penuh kepada BP-KKN Unila untuk menjalankan amanah sebagai penyelenggara KKN Kebangsaan 2018,” jelas Sri Waluyo.

Ia menjelaskan KKN di Kabupaten Tanggamus akan ditempatkan sebanyak 224 mahasiswa, Lampung Timur sebanyak 224 mahasiwa,  dan Tulang Bawang Barat sebanyak 193 mahasiwa.
Kegiatan KKN Kebangsaan ini diharapkan mampu mewujudkan Bumi Lampung sebagai Laboratorium Sosial, Tempat Belajar Nilai-nilai Kebangsaan bagi Generasi Muda calon Pemimpin Bangsa melalui kegiatan KKN Kebangsaan.

Pada 24 – 25 Juli 2018, para mahasiswa akan dibekali di Lanal (Pangkalan TNI AL Lampung), lalu pada 26 Juli 2018 para mahasiswa akan berkerja dan belajar selama 1 bulan dilokasi KKN, hingga ditarik dari lokasi pada tanggal 25 Agustus 2018 mendatang. (hen/ynk)




  • Bagikan