Unila Ikut Dalam Webinar Kemitraan Strategis dalam Mendorong Prioritas Riset Nasional

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Universitas Lampung (Unila) ikut serta pada Webinar Kemitraan Strategis dalam Mendorong Prioritas Riset Nasional yang digelar Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) secara daring, Kamis (6/5) secara daring (dalam jaringan).

Selain mendukung terwujudnya nawacita dan menghimpun masukan, webinar diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan hubungan dan dukungan industri dalam rangka mencapai target riset nasional.

Mewakili rektor Unila, Wakil Rektor Perencanaan Kerja Sama dan TIK Prof. Suharso mengungkapkan, Unila berupaya untuk terus berperan pada riset dan inovasi nasional. Salah satu bentuk implementasinya yaitu dengan melibatkan industri pada hasil-hasil penelitian sebagai langkah komersialisasi riset di tengah-tengah masyarakat. Unila kini didukung sentra inovasi yang berperan mewujudkan hasil-hasil riset Unila kepada masyarakat. Unila terus mengoptimalkan upaya tersebut melalui fakultas terapannya. “Kita akan terus berusaha mempersiapkan diri untuk komersialisasi riset berdasarkan kebutuhan di masa mendatang,” ujarnya.

Di kesempatan terpisah, Plt. Deputi Penguatan Sistem Riset dan Pengembangan Inovasi Nasional Prof. Ismunandar saat membuka acara menyampaikan, kegiatan ini diinisiasi untuk meningkatkan kerja sama dan kolaborasi antara akademisi, peneliti, industri, pemerintah, dan masyarakat.

Adapun arah tujuan dari hasil kegiatan yaitu, terbentuknya konsolidasi sumber daya (manusia, infrastruktur, dan anggaran) serta iptek. Dengan sharing knowledge, diharapkan muncul berbagai pandangan sehingga fondasi ekonomi berbasis riset dan inovasi dapat terwujud. Diharapkan hal itu dapat meningkatkan perekonomian Indonesia jauh lebih kuat dan berkesinambungan. Turut hadir pada pertemuan virtual ini perwakilan pimpinan BRIN, lembaga penelitian, LP3M, Balitbang, perguruan tinggi, dan LLDikti, para narasumber, serta pembahas. (rma/rls/wdi)



  • Bagikan