Unila Luncurkan Mobil Listrik EVU 01

  • Bagikan
Unila Luncurkan Mobil Listrik EVU 01
Peluncuran mobil listrik Universitas Lampung yang diberi nama Electric Vehicle Unila (EVU) 01, Kamis (13/1). FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Lampung (Unila) me-launching mobil listrik serat alam yang diberi nama Electric Vehicle Unila (EVU) 01, Kamis (13/1). Peluncuran dihadiri Rektor Prof. Dr. Karomani, M.Si., wakil rektor dan dekan.

Kendaraan ini dibuat oleh tim mahasiswa dan dosen. Terdiri dari Dosen Fakultas Teknik Mesin Martinus, S.T., M.Sc.; Meizano Ardhi Muhammad (Teknik Informatika), Sri Ratna Sulistiyanti (Teknik Elektro), Akhmad Riszal (Teknik Mesin), Ahmad Yahya T.P. (Teknik Mesin), Ahmad Yonanda (Teknik Mesin), dan Gita Paramita Djausa.

Prof. Karomani mengatakan, mobil listrik adalah bukti nyata kemampuan teknologi yang dimiliki oleh Unila. Proses riset dan pembuatannya hampir memakan waktu satu dekade.

“Mobil listrik Unila merupakan hasil riset yang panjang. Hampir satu dekade. Ini menjadi fokus Unila untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat maupun industri. Jadi, mobil listrik ini benar-benar produk Unila,” kata Prof. Karomani.

Baca Juga:   Pertama di Indonesia, NSTU Rusia MoU Dengan Unila, Kembangkan Teknologi Partikel Akselerator

Rangka dan bodi kendaraan dibuat dengan memanfaatkan serat bambu, sawit dan ijuk. “Mobil listrik ini kendaraan yang sustainable,” ujarnya.

Dilanjutkan, laporan terbaru Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyebutkan, manusia dan kehidupannya sangat berpengaruh pada tantangan pengendalian perubahan iklim tersebut.

Baca Juga:   Pertama di Indonesia, NSTU Rusia MoU Dengan Unila, Kembangkan Teknologi Partikel Akselerator

“Saya yakin, kita memahami bahwa climate change adalah tantangan peradaban ke depan. Climate change akan memberikan implikasi yang siginifikan bagi manusia dan kemanusiaan. Apabila suhu bumi terus meningkat di atas 1,5 derajat Celcius,  implikasinya akan sangat luar biasa terhadap kehidupan umat manusia,” sebut dia.






  • Bagikan