Unila Menuju Arah Blended & Hybrid Learning

  • Bagikan
Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung Prof. Dr. Bujang Rahman saat membuka kegiatan Dies Natalis ke-52 FKIP Unila di Aula K, Kamis (3/1). Foto Aprohan Saputra/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Perkuliahan di Universitas Lampung (Unila) menuju arah blended and hybred learning model guna menjawab tantangan era revolusi industri 4.0.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung Prof. Dr. Bujang Rahman dalam kegiatan Dies Natalis ke-52 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila di aula K jurusan setempat, Kamis (3/1).


Menurutnya tantangan dan peluang dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0 merupakan hal yang sangat strategis dalam dinamika kelembagaan sebagai berbagai kebijakan pemerintah dan kampus.

Karenanya saat ini ada perubahan paradigma kelembagaan, kurikulum, dan model pembelajaran. Maka, saat ini tugas satu profesor membawahi 1.000 mahasiswa. “Kita harus mengembangkan multikompetensi, sehingga sifatnya fleksibel,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, dalam kemajuan pendidikan saat ini diperlukan big data, sehingga lulusan diharapkan dapat dibekali dengan kemampuan teknologi.

“Arah ke depan pendidikan berbentuk teknologi, sehingga akan ada pembelajaran daring. Maka ke depannya pendidikan akan menjadi blended learing atau hybrid learing model,” tandasnya. (apr/kyd)




  • Bagikan