Unila Perbaharui Server Sistem Informasi Keuangan

  • Bagikan
Humas BPPMB Unila M. Komarudin. FOTO RURI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Lampung (Unila) memperbaharui server sistem informasi keuangan melalui bantuan hibah berupa satu unit server dari stake holder terkait.

Dr. dr. Asep Sukohar menuturkan, dengan bantuan server yang diberikan, dapat meningkatkan pelayanan Unila menjadi lebih baik lagi.

Kepala UPT TIK Unila M. Komarudin menjelaskan, pemberian server baru merupakan bagian dari peremajaan agar transaksi perbankan yang dilakukan warga Unila menjadi lebih cepat. Menurutnya, transaksi perbankan semakin hari semakin kompleks. Bahkan saat ini menggunakan sistem host to host yaitu sistem antarserver yang secara langsung terhubung satu sama lain. Sehingga, kegiatan transaksi di Unila harus didukung dengan peralatan mumpuni sehingga dapat berjalan lebih optimal.

Baca Juga:   Unila Buka Tele-Edukasi untuk Pendampingan Pasien Covid-19

“Kurang dari lima menit akan masuk ke Unila sehingga langsung bisa digunakan untuk keperluan apapun yang berkaitan dengan transaksi perbankan di Unila. Termasuk misalnya pembayaran UKT, lima menit kemudian mahasiswa sudah bisa mengisi KRS,” jelasnya, Selasa (14/4).

Tidak hanya itu, lanjut dia, pengembangan sistem transaksi host to host juga menjadi salah satu solusi dalam rangka memaksimalkan pelayanan di tengah pandemi Covid-19 yang merebak. Dengan server terbaru, mahasiswa juga mendapat kemudahan melakukan transaksi tanpa harus mengantri ke bank maupun Unila.

Ia menambahkan, penggunaan server baru juga akan digunakan untuk untuk transaksi-transaksi lainnya dalam rangka mewujudkan konsep cashless society di lingkungan Unila. Saat ini tren sedang mengarah ke digital society dan Unila juga tengah bertransformasi ke arah tersebut. Jadi ini sebenarnya salah satu batu bata penyusun digital society di lingkungan kampus.

Baca Juga:   Unila Buka Tele-Edukasi untuk Pendampingan Pasien Covid-19

“Harapannya, Unila mampu mewujudkan cyber university,” pungkasnya. (rur/rls/sur)




  • Bagikan