Unila, Tuan Rumah Nusantara KMNU


RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Lampung (Unila) menjadi tuan rumah, pada ajang Nu Science and Cultural Art (Nusantara).

Nu Science and Cultural Art (Nusantara), merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Nasional. Salah satunya berisi webinar internasional yang menghadirkan pemateri dari dalam dan luar negeri.





Tahun lalu, Nusantara di selenggarakan di Yogyakarta dengan KMNU Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai tuan rumahnya. Dan tahun ini, KMNU Unila dipercayai sebagai tuan rumah penyelenggara Nusantara KMNU 2021.

Acara ini pun dilaksanakan secara daring (Virtual) pada 24-26 September 2021.

Wakil Gubernur Lampung, Hj.Chusnunia Chalim yang membuk secara resmi melalui virtual mengapresiasi acara Nusantara KMNU 2021.

Baca Juga:   Koalisi Indonesia Bersatu Siap Lanjutkan Pembangunan Era Jokowi

“Atas nama Provinsi Lampung, kami menyambut baik seminar internasional sebagai upaya meningkatkan pengetahuan. Kegiatan ini sebagai bagian syiar, dakwah, serta melestarikan  kebudayaan dan kearifan lokal  di Nusantara,”ungkapnya.

Sementara, Idhar Fisabilhaq, Alumni Unila, sekaligus Ketua Pelaksana Nusantara KMNU 2021 menjelaskan, Nusantara KMNU 2021 ini, dihadiri dari berbagai perguruan tinggi. Baik dari dalam ataupun luar negeri. Setidaknya, ada 29 perguruan tinggi akan ikut berpartisipasi dalam Nusantara ini.

Sementara itu, untuk acara Nu Science and Cultural Art (Nusantara), Lanjut Idhar, akan mengangkat tema ‘SIGER Semangat Berkompetensi Lestarikan Seni, Guna Kader Nahdlatul Ulama yang Berkarakter’.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat menjawab salah satu tantangan ke depan dalam berorganisasi dengan melestarikan kebudayaan dan kerifan lokal, sekaligus merintis masa depan peradaban dunia yang damai dengan nilai-nilai Islam Nusantara sebagai landasannya, menambah wawasan, menggali dan memfasilitasi potensi, serta mengapresiasi prestasi para mahasiswa Nahdlatul Ulama yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Nasional,” harapnya.

Baca Juga:   Qodari: Koalisi Golkar, PAN dan PPP Tinggal Tentukan Capres dan Cawapres

Ada berbagai lomba yang dilaksanakan pada kegiatan ini. Diantaranya, Cover sholawat, LKTI, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), kompetisi mobile legend, Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) dan Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK).

“Selain lomba-lomba, dalam Nusantara ini juga menggelar acara lain yaitu webinar internasional yang menghadirkan pemateri dari dalam dan luar negeri, forum silaturahmi, dan Nusantara bersholawat,” pungkasnya. (gie/yud)