Unila Urutan 15 UI GreenMetric World University


RADARLAMPUNG.CO.ID – UI GreenMetric World University Rankings Indonesia merilis daftar pemeringkatan perguruan tinggi berkelanjutan di Indonesia tahun 2021 secara virtual dari Kampus UI, Depok, Selasa (14/12).

UI GreenMetric merupakan publikasi tahunan peringkat universitas di Indonesia dan dunia yang dilaksanakan Universitas Indonesia dengan menilai universitas berdasar komitmen dan tindakan terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.





Pemeringkatan UI GreenMetric dirintis dan diinisiasi Universitas Indonesia sejak tahun 2010. Pada 2020, 912 universitas dari 84 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi, dan meningkat menjadi 956 universitas dari 80 negara di dunia tahun 2021.

Pada penganugerahan UI GreenMetric tahun ini, Universitas Lampung meraih peringkat ke-15 nasional dari total 101 perguruan tinggi dari 80 negara yang masuk dalam penilaian.

Sebelumnya, pemeringkatan UI GreenMetric pada Desember 2020 menempatkan Universitas Lampung pada peringkat 21 nasional.

Pemeringkatan UI GreenMetric of World Universities dilandasi tiga indikator dasar. Yakni Environment, Economic, dan Equity dengan bobot penilaian meliputi keadaan dan infrastruktur kampus, energi dan perubahan iklim, pengelolaan sampah, penggunaan air, transportasi serta pendidikan.