Unived Bengkulu Belajar Jurnalistik ke Radar Lampung

  • Bagikan

Radarlampung.co.id – Sebanyak 32 mahasiswa dengan dua Dosen pembimbing dari Program studi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Dehasen (Unived), Provinsi Bengkulu belajar ke Graha Pena Lampung (Markas Radar Lampung), Selasa (23/11).

Dalam kunjungannya, mereka diterima langsung oleh Pemimpin Redaksi Radar Lampung, Taufik Wijaya.


Taufik menjelaskan, bagaimana proses pencarian berita, pembuatan, hingga sampai berita itu di cetak menjadi koran.

Selain itu, Taufik menyampaikan Company Profile media cetak Radar Lampung Group yang tetap eksis dan bertahan di Era Digitalisasi.

“Salah satu sebab kami tetap eksis dan bertahan di era digitalisasi ini, karena ke kreatifitasan karyawan dalam penulisan pemberitaan, hingga design perwajahan pada koran. Kemudian juga saat ini, kami mencoba berinovasi memiliki Koran dalam bentuk Digital. Sehingga, Brand Radar Lampung ada tetap di hati semua lini masyarakat,” Beber Taufik.

Selain melakukan kunjungan ke Dapur Redaksi koran Radar Lampung, para mahasiswa juga mengunjungi dapur redaksi online, radar digital hingga studio Radar Lampung TV (Radar TV) yang disambut langsung dua Deputy GM Radar Lampung TV (Hendarto Setiawan dan Jefri Ardi).

Baca Juga:   Kagumi Arsitektur Universitas Teknokrat Indonesia, Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia Siap Teken MoU

Kepala Prodi (Ka Prodi) Ilmu Komunikasi, Unived Bengkulu, Vethy Octaviani,M.I.Kom, menyampaikan, kunjungannya ke Graha Pena Radar Lampung, merupakan kunjungan kali pertama.

“Mahasiswa yang ikut saat ini merupakan Mahasiswa dari dua Peminatan. Yakni Peminatan Jurnalistik dan Peminatan Kehumasan,” ucapnya.

Sebagai Kepala Prodi Ilmu Komunikasi, FIS, Ia berharap mahasiswa dapat mengetahui dunia kerja di bidang Jurnalistik.

“Untuk Mahasiswa bidang Peminatan Jurnalistik, memang kunjungan ke Radar Lampung sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang nantinya akan berkerja di Dunia Jurnalistik. Sementara untuk Mahasiswa Peminatan Kehumasan ini juga untuk wawasan bagi mereka yang nantinya bekerja pada bagian media center pemerintahan,” Ujarnya.

Sementara, Yuliardi Hardjo putra, MSi selaku Kepala Laboratorium Multimedia Unived, menambahkan, Kunjungannya ke Graha Pena Radar Lampung, karena dirinya melihat Media Cetak yang berasal dari kawasan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) ini paling siap dalam segala bidang.

Baca Juga:   Unila Buka Assesmen Lapangan Akreditasi Pendidikan Teknologi Informasi

Seperti melakukan konvergensi media, Sumber Daya Manusia (SDM), hingga Kelengkapan Peralatan yang cukup baik.

“Kami juga ingin menanyakan Radar Lampung Tv dalam mempersiapkan ASO Tahun 2022 mendatang,”ucap Pria akrab disapa Didi.

Menurutnya, 32 mahasiswa ini merupakan mahasiswa yang akan menghadapi sidang seminar proposal skripsi.

“Karena mereka menghadapi dunia kerja, sehingga kami melakukan kunjungan ke Radar Lampung. Kami melihat Radar Lampung paling banyak melakukan recruitment dari masyarakat Lokal. Sehingga mereka bisa mengetahui juga bagaimana dunia kerja yang mereka hadapi kelak di bidang Jurnalistik. Khususnya ingin bekerja di media lokal,”ucapnya.

Melalui kunjungan ini juga, Didi berharap mahasiswa bisa mendapatkan referensi untuk bahan proposal skripsi mereka. “Kami juga mewajibkan mereka untuk membuat laporan hasil dari kunjungan ke Radar Lampung,”pintanya.

Sementara, Rahayu, Mahasiswa Semester VII peminatan Kehumasan-Fakultas Ilmu Ilmu Sosial (FIS) Unived menyambut baik kunjungan ke Radar Lampung.

“Melalui kunjungan ini saya mendapatkan wawasan khususnya untuk dunia kerja bidang Jurnalistik,”pungkasnya. (gie/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan