Universitas Saburai Buka Pendaftaraan Mahasiswa Baru melalui jalur Beasiswa KIP dan Reguler


Rektor universitas Saburai Dr.Lina Maulidiana,SH.MH bersama Para Pejabat Struktural bidang Kemahasiswaan berfoto bersama ketua dan wakil ketua forum mahasiswa penerima Beasiswa KIP Kuliah Universitas Saburai. Foto Universitas Saburai

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (Saburai) telah melakukan pembukaan pendaftaraan mahasiswa baru melalui jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP) Juga reguler Tahun Ajaran 2022/2023).

Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas Saburai, Ir. Septa Riadi, S. TP, MM, M. Si membenarkan hal tersebut. Ia menyampaikan bahwa beberapa persyaratan pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur KIP dan reguler untuk Maba TA 2022/2023 tidak berbeda jauh dengan tahun lalu (TA 2021/2022).





Jika kita merujuk tahun lalu, lanjut Septa, kami memulai pendaftaran ketika sudah mendapatkan kuota KIP dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II.”LLdikti nantinya akan membagi kuota KIP secara merata kepada seluruh Universitas/Perguruan Tinggi se Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Dari kuota tersebut kita akan plot sesuai jumlah pendaftar.Jika membludak jauh lebih besar dari kuota yang ada.Maka kami akan melakukan seleksi secara ketat,”tambah Septa.

Tahap seleksi KIP tersebut,lanjut Septa,yakni dengan melihat calon mahasiswa baru yang benar benar layak mendapatkan program KIP.

Adapun persyaratan mendapatkan KIP, lanjut Septa,diantaranya dari Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat yang memiliki Nomor Induk Siswa terintegrasi ke Data Dapodik di Kemendikbud.

“Data Siswa tersebut harus terintegrasi dengan Data Kependudukan dengan Data Dapodik Kemendikbud,”tambah Septa.

Lalu, Calon Mahasiswa Baru Progran KIP ini harus dari Keluarga Tak Mampu /memiliki Kartu Program Keluarga Sejahtera (PKS)/Program Keluarga Harapan (PKH) dan KIP sekolah.

“Persyaratan diatas bisa berpeluang besar untuk diterima Program KIP. Namun tidak memiliki persyaratan diatas,Calon Mahasiswa tersebut silahkan mendaftar Program KIP apabila pendapatan orang tua dibagi dengan jumlah anggota keluarga pendapatannya tidak lebih Rp.750 ribu.

Septa mengatakan bahwa pendaftaran KIP belum dibuka secara resmi.namun calon mahasiswa baru ingin mendapatkan program KIP bisa mencari informasi di web universitas saburai dan melwngkapi persyaratan pada laman KIPKuliah.go.id .

“Kalau merujuk dari tahun lalu (TA 2021/2022,red) .Kami mulai melakukan pembukaan KIP pada 17 Juni 2021.Lalu mulai lakukan penyeleksian hanya 25 hari saja pendaftar sudah membludak jauh dari kuota,”sebut dia.

Dimana, pada pertengahan Juli 2021 yang lalu,kami melanjutkan proses penyeleksian lalu melakukan tes wawancara baik offline maupun online bagi yang berada dari luar daerah.Kemudian cek lokasi tempat tinggal calon penerima KIP,” tambah Septa.

Pada Pertengahan Agustus 2021 sudah menetapkan calon maba yang resmi diterima program KIP. “Hasil Penerima KIP akan diserahkan ke Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan Alumni ke Wakil Rektor I bidang Pendidikan untuk memasukkan kedalam database akademik (siakad).

Setelah semua selesai mereka resmi terima program KIP dan mengikuti program pengenalan kampus di Universitas Saburai.Setelah itu resmi mengikuti perkuliahan sesuai program studi (prodi) yang mereka pilih,” tambah Septa sekali lagi mengatakan untuk Program KIP TA 2022/2023 Di Universitas Saburai sedang menunggu kuota resmi dari LLDIKTI Wilayah II.

Septa juga menginformasikan untuk jalur pendaftaran reguler sudah dibuka semenjak bulan Maret dengan biaya kuliah yang sangat terjangkau dan bisa dicicil. “Universitas saburai juga memiliki beasiswa jalur prestasi dan Dhuafa,”tambah Septa.

Selain itu, universitas saburai juga membuka kelas karyawan selain kelas reguler. Untuk menunjang kegiatan kemahasiswaan akademik dan non akademik, universitas saburai aktif mendorong mahasiswa mampu berprestasi melalui unit kegiatan mahasiswa, BEM dan Juga senat Mahasiswa.

Selain kurikulum masing masing program studi (prodi), lanjut Septa,mahasiswa Program KIP akan juga mengadopsi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) salah satunya mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

“Saat ini kami sedang menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk hal tersebut,”ucapnya.

Dimana KKN Tematik tersebut,Implimentasi Program MBKM,lanjut Septa. dimaba sistemnya nantinya mahasiswa kip umummya kelas Pagi jadi mereka mengikuti Kkn Tematik tersebut nantinya akan belajar diluar misalnya dunia industri/lembaga pemerintah/swasta selama 6 bulan.

Yakni tema tema tersebut dapat dikonversi jadi tema mata kuliah maksimum 20 sks yang akan dikonversi selama 6 bulan.

“Kami sedang mempersiapkan SOP agar program implementasi MBKM berjalan.Kami berharap setelah pelaksanaan semester ganjil TA 2022/2023 sudah bisa melaksanakan KKN Tematik,”pungkasnya. (gie/ang)