Universitas Teknokrat Indonesia Berikan Strategi Perilaku Fairplay Bagi Atlet Siswa


RADARLAMPUNG.CO.ID – Tim dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melakukan Penyuluhan Strategi Perilaku Fairplay bagi atlet dan siswa ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Rajabasa, Kunjir, Lampung Selatan, belum lama ini.

Dimana diketuai oleh dosen Rachmi Marsheilla Agus, M.Pd. sebagai ketua, Bapak Eko Bagus Fahrizqi, M.Pd. sebagai anggota, serta tim mahasiswa Pendidikan Olahraga yang terlibat yaitu Aliya Rahmawati, Tri Oka Setiawan, dan M. Deden Syaifulloh.





“Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini memiliki gagasan dalam memberikan ilmu pengetahuan tentang bagaimana seseorang khususnya atlet untuk berprilaku fairplay dan pemberian keterampilan dalam memanajemen suatu ekstrakurikuler,” ungkap Rachmi Marsheilla Agus, M.Pd. sebagai ketua Tim, Sabtu (9/4).

Kepala Sekolah SMAN 1 Rajabasa  Saman menyebutkan jika pelatihan ini penting untuk diselenggarakan mengingat siswa/atlet terlibat langsung dilapangan dalam kegiatan-kegiatan atau pertandingan yang bersifat kompetisi agar terbentuknya sikap dan mental yang selanjutnya sikap menjadi landasan perilaku.

“Dengan dukungan ilmu pengetahuan atlet maupun siswa lebih termotivasi dan bertanding secara fairplay,” ujarnya.

Dimana, Fairplay sendiri adalah sikap dan perilaku yang  menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam keolahragaan dengan cara bersikap sportif serta menghormati setiap peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Didalam fairplay terdapat pihak-pihak yang terlibat dalam pembinaan fairplay diantaranya; pendidik, pelatih, olahragawan, wasit, juri, official, panitia pelaksana pertandingan, suporter, serta orang tua dan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM. mengapresiasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilakukan oleh para dosen di lingkungan Universitas Teknokrat Indonesia.

“Sejauh ini, puluhan sekolah di Lampung menjadi wadah PKM Universitas Teknokrat Indonesia,”ungkapnya.

Universitas Teknokrat Indonesia mendapat kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberikan pendampingan Program Sekolah Vokasi Pusat Unggulan (PK) oleh perguruan tinggi di Provinsi Lampung.

“Keyakinan ini tak lepas dari aktifnya kampus sang juara dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terkhusus semangat para dosen Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat,” tandasnya.

Mahathir mengharapkan mahasiswa yang terlibat dapat melaksanakan perannya dengan baik dan menjadi pengalaman yang nantinya dapat ditanamkan dalam kegiatan masyarakat lainnya. (mel/rls/yud)