Universitas Teknokrat Indonesia PKM ke Sekolah Binaan, Buka Wawasan Teknologi Informasi  


RADARLAMPUNG.CO.ID – Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Teknokrat Indonesia melakukan pengabdian kepada masyarakat di SMKN Tanjung Sari, Lampung Selatan.

Tim PKM Kampus Hijau Sang Juara ini diketuai oleh Akhmad Jayadi, M.Cs bersama anggota, Qadhli Jafar Adrian, MIT; Novia Utami, M.T.; dan Jaka Persada Sembiring, M.Cs.





Kegiatan ini juga diikuti mahasiswa program studi teknik elektro dan sistem informasi. Di antaranya Waldi Ramadhan, Ika Septiana, Laisha Amilna Hayurian, Fajar Anggit, Okky Adi Darmawan, Nur Faqih Ardiantoro dan Wayan Rio Adi Pratama. Mereka mahasiswa berpretasi yang disiapkan untuk menjadi kader dalam PKM dan kegiatan lainnya.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman terhadap pentingnya teknologi informasi di era globalisasi saat ini,” kata Qadhli Jafar Adrian, MIT.

Dalam kegiatan ini, telah dilaksanakan pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi canva yang diberikan oleh  Qadhli Jafar Adrian.

“Dalam pelatihan ini, guru dan siswa sangat antusias. Sebab aplikasi banyak sekali manfaatnya. Selain untuk kepentingan sekolah, juga bisa membantu marketing bisnis dalam memasarkan usaha yang ada secara online. Salah satu keungguklan aplikasi Canva, memudahkan guru dan siswa dalam membuat desain yang menarik tanpa harus menguasai secara mendalam kemampuan desain. Ini adalah aplikasi yang sangat membantu guru dan siswa,” papar Qadhli.

Tidak hanya Canva. Ada pelatihan lainnya, yakni pelatihan Internet of Things (IoT) oleh Akhmad Jayadi, M.Cs. Bagi guru dan siswa bermanfaat untuk menambah wawasan dalam menghadapi teknologi masa depan di dunia global saat ini.

Selain itu, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer dengan SMKN Tanjung Sari. Dihadiri Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Dr. Si. Dedi Darwis, M.Kom.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dosen dan guru. Baik di bidang pengabdian kepada masyarakat maupun peningkatan kompetensi guru dengan standar nasional maupun internasional.

Kepala SMKN Tanjung Sari Yornedi, SE., MM., menyambut baik dan berharap kerja sama ini dapat terus ditingkatkan. Ia juga berterima kasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia telah membuka wawasana siswa.

Sementara Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. menyampaikan, sangat mendukung pengembangan minat bakat siswa sehingga dapat lebih siap dalam melanjutkan ke perguruan tinggi dan era global. (rls/mel/ais)