Untuk Personel Pengamanan Pilkada, Ingat Tujuh Panduan!

  • Bagikan
Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo memeriksa personel saat apel pergeseran pasukan, Selasa (8/12). FOTO HUMAS POLRES PESAWARAN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo mengimbau kepada seluruh personel yang bertugas dalam pengamanan pilkada dapat mempedomani tujuh panduan.

Panduan yang harus dilaksanakan itu adalah menyiapkan kondisi mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral serta disiplin kerja yang tinggi.


Sehingga dapat menampilkan jati diri sebagai petugas pengamanan serta menjadi sosok yang profesional, modern dan terpercaya.

Kemudian sebagai penegak hukum yang jujur, adil, transparan dan akuntabel, memedomani aturan perundang-undangan terkait pilkada serta SOP pengamanan yang berlaku.

Selanjutnya selalu memperhatikan protokol kesehatan, gunakan alat perlindungan diri (APD) seperti masker agar terhindar dari virus Corona.

“Para personel yang melaksanakan pengamanan agar segera melakukan koordinasi untuk mengetahui lokasi TPS dan potensi kerawanan yang menjadi tanggung jawabnya serta bekerja sama dengan penyelenggara di TPS,” tegas Vero saat apel pergeseran pasukan di Mapolres Pesawaran, Selasa (8/12).

Selain itu, Vero juga meminta agar personel mempelajari situasi dan kondisi serta kerawanan masing-masing TPS.

Lalu mengenali tokoh-tokoh yang dapat membantu bila terjadi suatu permasalahan di TPS, menghindari tindakan arogan, pelanggaran maupun penyimpangan yang dilakukan oleh personel Polri sebagaimana yang telah digariskan oleh pimpinan serta tunjukkan sikap netralitas dan tidak berpihak kepada salah satu paslon.

“Terakhir, saya harapkan dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan laporkan setiap perkembangan di mana saudara bertugas,” tukasnya.

Selain memedomani tujuh acuan dalam pengamanan pilkada, Vero juga mengingatkan beberapa hal baru kepada seluruh personel yang dapat diterapkan dan disosialisasikan di TPS.

Di antaranya wajib menggunakan masker, menjaga jarak minimal satu meter, mencuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos, mengukur suhu tubuh, menggunakan sarung tangan plastik, penyemprotan disinfektan secara berkala dan tidak berkerumun serta hal lainnya yang berkaitan dengan prokes

“Saya selaku Kapolres Pesawaran mengharapkan keseriusan dan kesungguhan dalam mengemban tugas pengabdian kepada bangsa dan negara serta menjunjung netralitas dalam pengamanan pilkada serentak tahun 2020 ini,” pungkasnya.

Diketahui, jumlah personel yang mengikuti kegiatan apel pergeseran pasukan terdiri dari 215 personel Polres Pesawaran, 80 personel Sat Brimob BKO Polda Lampung 100 personel BKO Polda Lampung dan 102 personel BKO Polres Pringsewu. (ozi/ais)

 




  • Bagikan