Upaya Lestarikan Budaya, Bupati Umar Ahmad Apresiasi Lomba Pakaian Adat Lampung

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Hi. Umar Ahmad, SP menghadiri Lomba Pakaian Adat Lampung Megow Pak yang berlangsung di Aula Utama Kantor Bupati setempat. Lomba bertema “Perempuan Bahagia Tubaba Jaya” yang digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tubaba tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-12 bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

Umar Ahmad sangat mengapresiasi kegiatan itu, karena menurutnya tidak hanya dalam rangka memperingati HUT Tubaba yang jatuh pada 3 April 2021, namun kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya melestarikan pakaian adat kebudayaan yang ada di Bumi Lampung.


“Pada kesempatan ini, para leluhur kita akan bangga melihat para generasi penerus yang masih tetap mengingat adat kebudayaan yang menjadi ciri khas dari masing-masing daerah. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif sekaligus memberikan edukasi bagi kita semua, terutama generasi muda khususnya tentang macam-macam pakaian adat Lampung,”harapnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Lomba pakaian Adat Lampung Megow Pak, Ny Denti Perana mengatakan, acara tersebut digelar selain memperingati HUT ke-12 Kabupaten Tubaba, juga merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya khususnya Pakaian Adat Lampung.

Baca Juga:   Cabang Fahmil Quran Kafilah MTQ Tubaba Melaju Ke Final

“Lomba yang digelar hari ini diikuti  58 orang peserta yang diwakili ibu-ibu pejabat daerah hingga lingkup camat dan desa, dengan beberapa kategori pakaian adat yang dilombakan. Mudah-mudahan apa yang dilakukan dapat memperkenalkan dan selalu melestarikan budaya Lampung,”ungkapnya.

Selain bupati, kegiatan itu dihadiri pula Wakil Bupati Fauzi Hasan, SE.MM,  Sekretaris Daerah Novriwan Jaya, SP serta seluruh kepala OPD. Puluhan peserta lomba tampak cantik, anggun nan mempesona menampilkan berbagai pakaian adat yang mereka kenakan. Usai lomba dan pengumuman juara, hadiah dan tropi diserahkan oleh Ketua Dekranasda Ny Kornelia Umar, Wakil ketua Ny Devi Fauzi, dan Sekdakab Tubaba Novriwan Jaya.

Dalam lomba tersebut, Ny. Zelda Cheri, istri Camat Lambu Kibang, meraih juara I. Sementata juara II diraih oleh Ny. Desi Suwardi istri Kabag Ekonomi Setdakab Tubaba, dan juara III diraih oleh Ny. Rini Budiman istri Kepala Disdikbud Tubaba. Untuk juara harapan,  ke-I diraih oleh Ny Nurmala Rizal istri Kadis Perkimta, harapan II diraih Ny Junaini Barmawi istri Kabag Perencanaan dan Keuangan, dan harapan III diraih oleh Ny Desi Yudiansyah istri Kepala Bappeda Tubaba.

Baca Juga:   Harga Obat Pertanian di Tubaba Bikin Warga Menjerit

Sementara juara favorit diraih oleh Ny Ida Majril istri Kadiskes Tubaba, Ny Nuraini Lukman istri Kadis PMPPTSP, Ny Liza Nazar istri Camat Tulang Bawang Tengah, Ny Vera Aprizal istri Kadis Ketahanan Pangan, Ny Linda Fajril istri Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah, dan Ny Ella Novian istri Kepala BKPSDM. Lomba itu sendiri dinilai oleh 3 orang juri, dipimpin langsung oleh Ketua Dekranasda Tubaba Ny. Kornelia Umar, SH.MH, Hj. Siti Rahayu. S.Pd, M.Pd, dan Ical Ibrahim.(fei/rnn/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan