Update Covid-19 Tanggamus, Pasien Terkonfirmasi Bertambah 8 Kasus

  • Bagikan
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus dr. Eka Apriyanto didampingi Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Kepala BPBD Ediyan M. Toha serta Sekretaris Diskominfo Darius Putrawan memberikan keterangan seputar pasien positif Covid-19 02, Jumat (29/5). FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID–Jumlah kasus Covid 19 di Kabupaten Tanggamus bertambah delapan kasus dan dua kematian, sehingga sekarang jumlahnya mencapai 2.426 kasus. Selain jumlah pasien bertambah angka kesembuhan juga meningkat tercatat ada 2.212 orang sembuh.

Menurut juru Bicara Satgas Penanganan COVID 19 Kabupaten Tanggamus dr.Eka Priyanto, untuk pasien yang meninggal yakni nomor 2419, laki-laki usia 65 tahun dari Kecamatan Gisting.Pasien merupakan kasus baru, kasus bergejala, disertai penyakit penyerta. Keluarga bawa ke RSUD Abdul Moeloek, Lampung untuk pemeriksaan.


“Hasil rapid antigen dan PCR positif, selanjutnya dilakukan isolasi untuk mendapatkan penangan secara medis. Kondisi pasien terjadi perburukan klinis dan meninggal. Selanjutnya dilakukan pemulasaran dan pemakaman secara protokol kesehatan,” ujar Eka.

Lalu pasien 2398, perempuan usia 42 tahun dari Kecamatan Gisting. Pasien merupakan kasus lama, kasus bergejala.

Baca Juga:   KM Lawit Isoter Pasien Tanpa Gejala Kembali ke Jakarta

Selama ini dirawat di RS Panti Secanti Gisting. Seiring perjalanan waktu kondisi pasien terjadi perburukan klinis dan meninggal. Selanjutnya dilakukan pemulasaran dan pemakaman secara protokol kesehatan.

Selanjutnya untuk penabahan kasus positif Covid-19 lainnya berawal dari testing yang dilakukan oleh sejumlah puskesmas dengan rapid antigen, seperti Puskesmas Ngarip, Kecamatan Ulu Belu mentesting warganya yaitu pasien 2421, laki-laki usia 40 tahun. Pasien 2422, perempuan usia 42 tahun.

Pasien 2423, perempuan usia 13 tahun. Pasien 2424, perempuan usia 99 tahun. Pasien 2425, perempuan usia 38 tahun. “Para pasien tersebut merupakan hasil tracing dari pasien 2353, perempuan usia 34 tahun yang masuk kasus kematian Covid-19.”ujar Eka.

Baca Juga:   Pasca Banjir Bandang, Aktivitas Warga Berangsur Normal

Dilanjutkan Eka, Puskesmas Kelumbayan Barat mentesting warganya yang bergejala yaitu pasien 2426, laki-laki usia 21 tahun dari Kecamatan Kelumbayan Barat.

Pasien baru lainnya yakni nomor 2420, laki-laki usia 41 tahun dari Kecamatan Kota Agung. Pasien merupakan kasus baru, kasus bergejala, disertai penyakit penyerta.

Keluarga bawa ke RSUD Abdul Moeloek, Lampung untuk pemeriksaan. Hasil rapid antigen dan PCR positif Covid-19. “Karena pasien masih bergejala, maka masih dilakukan isolasi lanjutan di RSUD Abdul Moeloek untuk mendapatkan penanganan medis lebih terkontrol,”pungkas Eka.

Dengan penambahan tersebut kini di Tanggamus ada 2.426 kasus Covid-19 dengan rincian, selesai isolasi atau sembuh 2.212 orang, sedang isolasi 83 pasien dan 131 kasus kematian konfirmasi.(ehl/rnn/wdi)




  • Bagikan