Upload Data Situng, Operator Dituntut Teliti dan Konfirmasi ke TPS

  • Bagikan
Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono saat menyampaikan arahan pada bimbingan teknis terkait pemilu 2019 di Hotel Emersia Bandarlampung, Rabu (13/3). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – KPU Lampung menggelar bimbingan teknis pemungutan, perhitungan, rekapitulasi hasil perhitungan suara, serta penetapan hasil pemilu dan penggunaan sistem informasi perhitungan suara Pemilu 2019 di Emersia Hotel, Rabu (13/3). 

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengingatkan untuk semua operator lebih teliti dalam menginput data kedalam Sistem Penghitungan Suara (Situngsura).


“Tugas admin dan operator paling hilir, mereka hanya menerima C1 (certifikat penghitungan suara). Maka nantinya ada masalah atau tidak di TPS (tempat pemungutan suara) tidak perlu urusan, (perator) hanya mengetik data saja,” sebut Nanang.

Namun, dalam input data petugas operator yang dibagi menjadi 3 bagian pindai, entry data, dan verifikator harus melakukan konfirmasi kepada petugas di TPS soal kebenaran data yang dibawa sebelum dimasukan dalam situng.

Baca Juga:   Dorong Peningkatan Realisasi Vaksin Lampung, Partai Golkar Gandeng Kemenkes

“Ke depan harus dibuat manajemen untuk konfirmasi ke TPS, untuk konfirmasi data C1 sertifikat. Harus konfirmasi, tidak semua C1 langsung di upload, dicek dulu apakah sama di tingkat desa sehingga ada yang tangung jawab lebih,” sambungnya.

Dia melanjutkan, baik Admin dan operator harus cek dan ricek, sehingga tidak ada markup suara dikemudian hari. Kemudian harus juga ada bagian kontrol pada pekerjaan input data situng di komputer. 

Karena sebelumnya pernah ada kejadian dari 228 kecamatan ada 1 kekurangan. “Hal-hal inilah yang wajib diperhatikan agar ke depannya tidak terjadi lagi,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan