Urus Adminduk Kini Cukup dari Desa

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Mesuji, melalui Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) terus memudahkan layanan kependudukan bagi warganya.

Kini, untuk mempermudah layanan Adminduk, Disdukcapil Mesuji membuat sebuah program melalui inovasi Pelayanan online bersama loket disdukcapil dan desa (Payo beladas).



Kepala Disdukcapil Kabupaten Mesuji, Mursalin mengatakan, program baru tersebut, bernama Payo Beladas yang sudah berjalan selama satu bulan.

Baca Juga:   Berbahaya! Selfi dengan E-KTP,  Rawan Pencurian Data dan Bisa Dipenjara

“Payo Beladas sendiri adalah bahasa Mesuji yang artinya ayo bersenang-senang. Jadi maksudnya adalah kita mengajak kepada warga untuk bergembira dalam memanfaatkan pelayanan adminduk,” ungkap Mursalin, saat talkshow di Mesuji radio, Kamis (6/1).

Baca Juga:   Disdukcapil Tanggamus Gulirkan 11 Inovasi Pelayanan

Dia menjelaskan, pelayanan administrasi kependudukan di desa, merupakan upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, program Payo Beladas ini adalah untuk memfasilitasi masyarakat di Kabupaten Mesuji yang tidak miliki smartphone atau gaptek.

“Jadi, masyarakat nggak perlu lagi ke kantor Disdukcapil, tapi ke Kantor Desa setempat. Karena di Kantor Desa sudah ada loket pelayanan adminduk,” Ujarnya.

Baca Juga:   Berbahaya! Selfi dengan E-KTP,  Rawan Pencurian Data dan Bisa Dipenjara

Oleh sebab itu, pihaknya akan gencar melakukan bimtek kepada 105 desa di Kabupaten Mesuji. “Kita juga telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbub), agar nantinya desa punya kewajiban untuk ikut andil dalam pelayanan adminduk,” jelasnya. (muk/yud)






  • Bagikan