Usulkan 1.000 RTLH Dapat Bantuan Program BSPS

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesawaran mengusulkan sekitar 1.000 warga yang memiliki hunian katagori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk mendapat bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari pemerintah pusat.

“Tahun ini kita mendapat 59 unit dari pemerintah pusat dan 70 unit dari APBD. Karena memang pandemi Covid-19, semua terdampak. Tidak hanya pesawaran saja yang mengalami penurunan. Kalau usulan kita tahun 2022, untuk RTLH sekitar 1.000 unit,” kata Kabid Perumahan dan Pemukiman Leoni mewakili Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Firman Rusli.


Leoni mengungkapkan, sesuai instruksi pemerintah, calon penerima BSPS adalah warga yang sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga:   Lomba Kebersihan, Reward dan Bendera Hitam untuk Sekolah

Namun, jika ke depan masih ada yang belum masuk DTKS, operator desa akan menginput warga yang dikatagorikan layak mendapat bantuan agar masuk data terlebih dahulu.

“Kita sudah cek di Dinas Sosial. Warga yang kita usulkan pada 2022 mendatang sudah masuk di DTKS,” ucapnya.

Dijelaskan, untuk BSPS yang bersumber dari APBN 2021 senilai Rp20 juta. Dari nilai tersebut, Rp17,5 juta untuk material dan Rp2,5 juta upah tukang. Sedangkan  pagu bantuan BSPS yang bersumber dari APBD sebesar Rp15 juta potong pajak.

“Untuk pagu anggaran BSPS 2022, kita usulkan naik menjadi Rp17 juta. Karena material bangunan saat ini mengalami kenaikan. Namun, angka itu baru usulan. Masih akan dibahas lebih lanjut,” pungkasnya. (ozi/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan