Pesbar  

Usulkan Pembangunan Pelabuhan Nelayan di Kuala Stabas


Lokasi di kawasan Kuala Stabas, Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat. Dinas Perikanan setempat mengusulkan pembangunan pelabuhan di daerah tersebut. FOTO YAYAN PRANTOSO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Perikanan Pesisir Barat masih menunggu tindak lanjut dari Pemerintah Provinsi Lampung dan pemerintah pusat, terkait pengajuan pembangunan pelabuhan nelayan di Kuala Stabas, Kecamatan Pesisir Tengah.

Kepala Dinas Perikanan Pesbar Armen Qodar mengatakan, tahun 2021 lalu pihaknya telah mengusulkan pembangunan pelabuhan nelayan ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lampung. Kemudian pengajuan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membangun pelabuhan tipe kecil.





“Kami sudah mengajukan pembangunan pelabuhan nelayan di Pesbar. Sebab di wilayah ini, terutama Kecamatan Pesisir Tengah sudah sangat layak untuk dibangun pelabuhan,” kata Armen Qodar.

Lokasi pembangunan pelabuhan nelayan disiapkan dengan luas sekitar 10 hektare yang merupakan aset milik pemkab di sekitar Kuala Stabas.

“Minimal bisa dibangun pelabuhan kecil dan bisa disandari kapal penangkap ikan dengan kapasitas 30 Gross Ton (GT). Karena itu akan berdampak terhadap nelayan,” jelasnya.

Dilanjutkan, di Pelabuhan Kuala Stabas milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah dipenuhi perahu nelayan. Bahkan banyak nelayan yang harus menambatkan perahu di darat. (yan/ais)