UTBK-SBMPTN Mulai Besok, Ini Lokasinya


RADARLAMPUNG.CO.ID – Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-SBMPTN) dilakukan mulai Selasa (17/5). Universitas Lampung sebagai penyelengara menyatakan siap melaksanakan ujian.

Humas Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Unila Muhammad Komaruddin mengatakan, persiapan sudah selesai. Mulai dari ruangan hingga komputer pendukung pelaksanaan ujian.





”Hari ini saya langsung mengeceknya. Memastikan keadaan ruangan. Semua aman,” kata Muhammad Komaruddin, Senin (16/5).

Pihak Unila juga sudah melakukan uji coba server atau jaringan agar nantinya para peserta tidak kesulitan dalam pelaksanaan tes.

“Semua sudah ter-back up dengan UPS, sehingga nanti kalau ada masalah mendadak, tidak merugikan para peserta. Begitu juga dengan jaringan, sudah kita lakukan simulasi. Mudah-mudahan besok bisa berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Adapun skema pada UTBK-SBMPTN di Unila besok, para peserta diminta datang pukul 06.00 WIB. Mereka bakal menjalani serangkaian prosedur hingga protokol kesehatan yang cukup memakan waktu.

“Peserta diminta datang jam 06.00. Kemudian dibariskan sesuai dengan protokol Covid-19 dan pemeriksaan khusus bagi yang datang dari luar Bandarlampung. Dilanjutkan scan PeduliLindungi. Ketika masuk ruangan, HP akan dimatikan. Jadi cukup panjang prosedurnya,

Muhammad Komaruddin menyebutkan, pelaksanaan UTBK- SBMPTN dibagi menjadi dua gelombang. ”Gelombang pertama ujian tanggal 17-23 Mei. Sedangkan gelombang kedua pada 28 Mei hingga 3 Juni mendatang,” urainya.

Terkait nomor peserta, Komaruddin mengungkapkan, pada setiap sesi akan terus berubah dari pusat sehingga panitia lokal tidak memilikinya.

“Nomor pada setiap sesinya itu berubah. Jadi kalau dia satu hari ada dua sesi dari tanggal 17-24 Mei, maka ada 14 kali ganti nomor. Karena komputer terbatas, jadi tidak serentak sekaligus. Tergantung peserta itu memiliki berapa sesi. Makanya sampai ada tujuh hari dalam satu gelombang itu,” tandasnya. (mel/ais)