Vaksin Booster Sudah Sasar 1.637 Masyarakat Rentan


ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

Radarlampung.co.id – Vaksin booster yang secara nasional dapat dimulai pada 12 Januari kemarin, hingga kini di Lampung telah menyasar 1.637 masyarakat yang masuk kategori rentan dan masyarakat umum.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung Reihana.





“Kalau sebenarnya kami sudah mulai sejak 5 Januari, karena mengejar vaksin yang akan habis masa kadaluarsanya. Sehingga Lampung sudah mulai berjalan,” ungkap Reihana.

Dia mengatakan, vaksinasi dosis ketiga atau booster ini sudah bisa diakses masyarakat di fasilitas layanan kesehatan terdekat. Sehingga masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin dipersilahkan menuju fasilitas kesehatan tersebut.

“Namun minimal enam bulan terakhir dari menerima vaksin primer dosis kedua. Untuk vaksinnya juga diharapkan berbeda antara vaksin booster dengan dua vaksin primer sebelumnya, agar efikasi vaksin semakin baik,” lanjutnya.

Sementara selain masyarakat umum, ada juga yang telah mendapatkan booster ialah petugas publik sebanyak 74 orang atau baru 0,02% dari sasaran petugas publik sebanyak 409.854 orang.

Reihana mengatakan, untuk vaksin booster dibutuhkan sesuai dengan total target vaksinasi di Lampung.

“Karena target kita 14 juta. Ya kita butuh sekitar jumlah itu untuk vaksin booster. Kita tunggu ya, kita harap vaksinnya segera datang, sehingga masyarakat bisa mengakses vaksin dengan mudah,” tandasnya. (rma/sur)