Vaksin Dosis ke Tiga untuk Nakes Pakai Moderna

  • Bagikan
Menkes RI Budi Sadikin. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan tenaga kesehatan bakal mendapat suntikan dosis ke tiga vaksinasi Covid-19. Rencananya dosis ketiga akan menggunakan vaksin Moderna.

Hal tersebut diungkapkan Menkes Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR yang disiarkan akun DPR RI di YouTube, Selasa (13/7), seperti dikutip dalam laman jpnn.com.

Budi bahkan mengatakan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) akan dimulai pada pekan ini. “Kami sudah mengeluarkan kebijakan bahwa rencananya mulai minggu ini kami akan berikan suntikan ketiga booster (pendorong), tetapi hanya untuk para nakes,” kata Budi

Menurutnya, vaksinasi itu hanya diberikan kepada tenaga kesehatan lantaran masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama.

Baca Juga:   Kebutuhan Oksigen di Lampung per Bulan Capai 570 Ton

Budi berharap dengan vaksinasi dosis ketiga ini, para nakes bisa lebih tahan dari paparan virus corona. “Saya melihat banyak nakes terpapar Covid-19 sehingga tidak bisa dikerahkan untuk menangani pasien,” tuturnya.

Sementara hingga Kamis (15/7) vaksin dosis ketiga yang diperuntukkan khusus tenaga kesehatan ternyata belum tiba di Lampung. Hal ini diungkapkan Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana. “Belum tiba (vaksin Moderna),” singkat Reihana.

Sementara jika dibandingkan dengan data informasi monitoring vaksinasi Covid-19 di Provinsi Lampung yang dikeluarkan setiap harinya oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Maka untuk jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Provinsi Lampung yang masuk dalam sasaran vaksinasi mencapai 35.601 orang. Artinya, jumlah vaksin yang dibutuhkan di Provinsi Lampung sejauh ini ada 35.601 dosis, karena satu nakes hanya butuh satu tambahan vaksinasi.

Baca Juga:   Bulan Depan, Gubernur Lampung Bantu Alat Penyambung Apheresis untuk Donor Plasma Konvalesen

Sementara progress vaksinasi nakes sendiri per Kamis (15/7) telah mencapai 100,77% untuk dosis pertama. Artinya, dari total sasaran vaksinasi, 35.601 orang. Saat ini nakes yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 35.875 orang. Sementara dosis kedua, sudah mencapai 33.164 orang, atau sebanyak 93.15%. (rma/wdi)




  • Bagikan