Vaksinasi Booster Lampura Baru 3,7 Persen


RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara (Lampura), saat ini tengah memaksimalkan pencapaian vaksinasi dosis ketiga (booster), Rabu (30/3).

Kepala Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kabupaten Lampura, dr. Natalia Manan M.Kes mengatakan, untuk saat ini vaksinasi booster atau vaksinasi tahap 3 baru mencapai 3,7 persen.





Sehingga, pihaknya melalui tim tergabung di gugustugas covid-19 memaksimalkan vaksinasi ke warga-warga baik di kota hingga pelosok perdesaan.

Merujuk data pertumbuhan angka harian covid-19 di Lampura, terdapat 4 kasus baru ditemukan sampai dengan kemarin, Selasa, 29 Maret 2022 lalu.

Sementara untuk harian terkonfirmasi covid-19 yang telah sembuh sebanyak 49 orang. Menurutnya, Kabupaten Lampura saat ini, telah turun menjadi PPKM Level 2, namun diminta kepada masyarakat agar tidak kendor protokol kesehatannya (Prokes).

“Untuk keterisian atau BOR rumah sakit hanya menyentuh angka 19%. Sehingga warga tidak boleh kendor prokes,” kata Maya Natalia Manan.

Sementara, kata dia, capaian vaksinasi untuk dosis kedua diangka 293.479 orang atau 64 persen dari target 320.993 atau 70 persen. Dan untuk tahap I diangka 415.914 atau berkisar 90,7 persen, dari total keseluruhan divaksin mencapai 458.561 orang.

“Nah, untuk dosis ketiga (booster), ini baru mencapai 3,7%. Untuk itu kami berharap masyarakat mau disuntik vaksin, apalagi dosis ketiga menjadi syarat mudik tahun ini,” terangnya.

Terpisah, guna meningkatkan herd immunity dan mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di wilayahnya, Polres Lampura turunkan para perwira staf sebagai supervisor yang bertugas untuk memantau pelaksanaan, menyampaikan saran dan arahan kepada vaksinator serta petugas pengamanan, dalam rangka percepatan vaksinasi.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Lampura AKBP Kurniawan Ismail saat memimpin rapat staf bertempat di aula Mapolres Lampura.

Kapolres AKBP Kurniawan terus menerus melakukan evaluasi dan memberikan motivasi kepada para supervisor untuk tetap semangat dan tulus dalam menjalankan tugas yang berikan.

“Dalam memberikan motivasi, kami menekankan kepada para supervisor, bahwa tugas yang kita laksanakan ini adalah bagian dari ibadah, jadi laksanakan tugas supervisi ini dengan ikhlas,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Supervisor wilayah kerja puskesmas (PKM) desa Kemalo Abung Kecamatan Abung Selatan yang membawahi enam PKM desa, AKP Zulkarnaen mengatakan, pada PKM yang ada dalam pantauannya, kegiatan vaksinasi berlangsung lancar kondusif.

“Alhamdulillah khususnya dosis 2 capaian sudah di atas 70 persen ” kata AKP Zulkarnain yang juga menjabat Kasi Humas Polres Lampura itu (ozy/yud)