Video Perkelahian Mahasiswanya Viral, UIN Lakukan Penyelidikan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Video amatir yang merekam aksi perkelahian antar mahasiswa, viral. Belakangan diketahui, peristiwa tersebut terjadi di kantin Universitas Islam Indonesia (UIN) Raden Intan Lampung, Senin (25/10) sore.

Dalam potongan-potongan video yang hanya berdurasi beberapa detik tersebut menunjukan sekumpulan mahasiswa yang baku hantam di dalam kantin dengan latar suara riuh.


Sementara, pada potongan video lainnya menunjukan kondisi kantin yang berantakan pasca baku hantam antar mahasiswa.

Rebo Suwito, salah satu penjaga kantin membenarkan adanya peristiwa perkelahian tersebut. “Iya, awalnya dari tempat duduk di luar sana. Kemudian pindah ke dalam (kantin, red),” katanya.

Meski begitu, dia tidak mengetahui pasti permasalahan awal yang membuat para mahasiswa tersebut baku hantam. Namun menurutnya, itu bukan kali pertama peristiwa tersebut terjadi.

“Saya nggak tahu (permasalahan awal, red). Tau-tau, sudah ribut di sana. Tapi ini sudah sering, sudah tujuh kali,” katanya.

Baca Juga:   Tertimpa Tembok Pagar, Satu Pekerja Tewas, Satu Luka-luka

Terpisah, Kasubbag Humas UIN Raden Intan, Hayatul Islam ketika dikonfirmasi, membenarkan perihal video tersebut. Pihaknya juga menyayangkan adanya perkelahian antar mahasiswa yang terjadi.

“Memang benar ada kejadian tersebut kemarin, dan kami sangat menyayangkan kenapa itu harus terjadi,” katanya.

Dia mengatakan, untuk saat ini pihak dekanat fakultas Ushuluddin masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa perkelahian antar mahasiswa tersebut.

“Sekarang masih dalam proses penyelidikan oleh pihak fakultas, sedang mempelajari kenapa bisa terjadi dan siapa saja yang terlibat. Kemudian denger-denger ada korbannya, siapa korbannya itu sedang kita dalami,” jelasnya.

Pihaknya juga masih mengusahakan untuk melakukan mediasi antara kedua belah pihak. Harapannya agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

Ditanya soal pemicu perkelahian antar mahasiswa, dugaan sementara itu diakibatkan karena adanya adu argumen.

“Dugaan sementara, berdasarkan informasi yang kita peroleh itu biasa yang namanya mahasiswa saling berargumentasi dan ada benturan atau cekcok. Sehingga terbawa emosi. Jadi tidak ada yang serius sebenarnya, hanya adu argumentasi,” jelasnya.

Baca Juga:   Azis Syamsuddin Jalani Sidang Dakwaan, Jaksa Beber Pemberian Uang ke Eks Penyidik KPK

Dia juga mengatakan, satu korban dari perkelahian tersebut telah mendapatkan perawatan dan saat ini dalam kondisi baik. Meski enggan menyebutkan secara gamblang, dia mengatakan, korban merupakan salah satu mahasiswa fakultas Ushuluddin, semester III.

“Sekarang ini pihak dekanat fakultas Ushuluddin sedang mengumpulkan data-data terkait jumlah mahasiswa yang terlibat di dalamnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolsek Sukarame, Kompol Warsito juga membenarkan adanya peristiwa perkelahian antar mahasiswa yang terjadi di UIN Raden Intan Lampung tersebut.

Namun, hingga saat ini pihaknya memang belum menerima laporan dari korban atau yang merasa dirugikan.

“Iya memang benar. Kami sudah cek dan memang benar ada peristiwa itu. Tapi belum ada laporan dari korban, dan permasalahan itu langsung ditangani internal kampus,“ pungkasnya. (Ega/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan