Vina Qurrota, Mahasiswi Teknokrat Berkesempatan Ikut Pertukaran Pelajar ke USA

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Vina Qurrota, Mahasiswi Semester V Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP)  Universitas Teknokrat Indonesia, akan mengikuti Pertukaran mahasiswa melalui program Global UGRAD. USA.

Rencananya, akan berangkat bersama 11 putra-putri terbaik Indonesia dan Vina merupakan satu-satunya perwakilan Sumatera berkesempatan mengikuti Program tersebut berlangsung selama 6 bulan.


Rencana Program tersebut, akan dimulai pada awal Februari 2022 mendatang.

Vina bersyukur dan bahagia mendapatkan kesempatan mengikuti Pertukaran mahasiswa program Global UGRAD. USA yang akan dimulai Awal Februari 2021. “Bahagia dan bersyukur Karena ini adalah Impian Vina sejak masih kecil,”sebut Vina.

Terlebih, ada 12 orang dari Indonesia yang akan berangkat awal semester baru. Yakni kemungkinan awal Februari 2022 ini. Vina menyebutkan satu- satu Mahasiswa di Sumatera berkesempatan pertukaran pelajar program Global UGRAD. USA.

“Sebagai Mahasiswi UTI menjadi salah satu bagian dalam pertukaran mahasiswa dalam program Global UGRAD. USA,”tambahnya.

Berbagai persiapan telah dilakukan jelang Pertukaran mahasiswa. Salah satunya, sekitar Bulan Desember 2021, pihaknya akan mengikuti test TOEFL IBT dilanjutkan sekitar awal Januari 2022 mendatang persiapan pembuatan Visa.

“Mohon doanya agar persyaratan dapat terselesaikan dengan tepat waktu. Rencana Program pertukaran mahasiswa pada Februari 2022 mendatang yang akan berlangsung selama 6 bulan, “tambahnya.

Baca Juga:   Mahasiswa UBL Juara Nasional KBKM 2021

Beberapa hari yang lalu, sambung Vina, dirinya juga meraih Juara I Nasional Kategori Juara I Speech. Dimana Lomba tersebut diselenggarakan Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan.

Untuk mekanismenya, Vina mengikuti lomba Speech, mulai dari babak preliminarily (penyisihan) kemudian yang lolos 5 besar masuk final.

“Untuk final kita ada sesi tanya jawab. Lombanya dari bulan lalu, dengan cara mengunggah video tanggal 10 Oktober. Penilaian awal hingga tanggal 26 Oktober, dan tanggal 27 Oktober 2021 final kemudian pengumumannya tanggal 28 Oktober 2021,” Bebernya.

Terpisah, Pembimbing UKM Teknokrat English Club (TEC) Suprayogi, M.Hum bersyukur mahasiswa Teknokrat dari Perwakilan UKM TEC meraih Juara Tingkat Nasional, yakni Vina Qurrota – Pendidikan Bahasa Inggris, Semester V meraih Juara 1 Speech Contest  pada Ajang Public Health National Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Sriwijaya.

Untuk Juara I Vina, Universitas Teknokrat Indonesia mengalahkan Perwakilan UNSRI (Raih Juara II) dan Stikes Advaita Medika Tabanan (Raih Juara III).

“Pada ajang perlombaan lainnya juga ada beberapa perwakilan TEC meraih Prestasi Tingkat Nasional salah satunya Shavina Lestiani – Sastra Inggris,Mahasiswa Semester III meraih Juara 2 Speech Dalam kegiatan English Festival 2021 Universitas Bunda Mulia Jakarta,” Ungkap Suprayogi.

Baca Juga:   Gandeng Brigif 4 Marinir/BS, Hima Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Pelatihan Bela Negara

Terkait Keberangkatan, Vina untuk mengikuti Pertukaran Mahasiswa ke USA, Suprayogi mendoakan agar tidak ada halangan dengan medical check up dan finalisasi dokumen.

Perjalanan Vina sampai memperoleh beasiswa ini, merupakan hasil dari rasa ingin tahu yang tinggi dan semangat untuk mencoba serta mencari tahu.

“Saat berlatih ujian wawancara dengan saya, saya sampaikan, baca lebih banyak tentang isu-isu keberagaman dan isu-isu terkini tentang The US,”ucap Suprayogi.

Oleh sebab itu, Suprayogi bersyukur dan Bangga memiliki mahasiswa yang selalu termotivasi untuk mempelajari hal-hal baru guna menambah kompetensi.

Dirinya berharap dapat memanfaatkan kesempatan dalam pertukaran mahasiswa
secara mendalam. “Melalui pertukaran ini, kami berharap mahasiswa memperoleh kesempatan pengalaman belajar di negara tersebut,”ucapnya

Terpisah, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. H Mahathir Muhammad SE MM mengucapkan selamat dan sukses kepada dua mahasiswa meraih prestasi lomba Speech Contest, di dua ajang perlombaan tingkat nasional.

Mahathir meyakini prestasi bergengsi seperti ini akan terus diraih oleh mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia.

“Dukungan, Bimbingan, Pelatihan, Fasilitas, Persiapan serta Panduan yang tepat akan terus di berikan oleh Universitas Teknokrat Indonesia kepada Mahasiswanya agar dapat Memperoleh Prestasi yang ingin mereka raih,” Katanya. (gie/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan