Viral, Foto 4 Fraksi Kembali Adakan Pertemuan, Kini Para Ketua Partai Ikut Hadir

  • Bagikan
FOTO IST. FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Di tengah kesan gejolak di tubuh DPRD Bandarlampung, beredar foto pertemuan para petinggi dari empat partai. Radarlampung.co.id pun ikut mendapat foto tersebut. Dalam foto, tampak sosok Ketua DPRD Bandarlampung yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Bandarlampung Wiyadi duduk bersanding dengan Ketua DPD PKS Bandarlampung M. Syuhada, Ketua DPC Gerindra Bandarlampung Andika Wibawa; serta Ketua DPD NasDem Bandarlampung Naldi Rinara.

Hasil penelusuran Radarlampung.co.id, pertemuan tersebut berlangsung di deARTe Cafe, Enggal, Bandarlampung, Sabtu (29/5) malam. Saat dikonfirmasi, Wiyadi membenarkan adanya pertemuan tersebut. ’’Iya, benar. Saya sudah pulang dari Jakarta, jadi saya bisa datang dalam pertemuan bersama teman-teman dari PKS, Gerindra, serta NasDem,” ucap Wiyadi.

Usut punya usut, pertemuan tersebut membahas tentang rencana perampingan anggaran di tubuh DPRD. Jumlahnya cukup besar. Mencapai Rp3 miliar. “Kita akan usulkan refocusing anggaran Rp2-3 miliar. Bahkan bisa lebih,” sebut Wiyadi. Dan, para petinggi partai yang turut didampingi sejumlah anggota fraksi PDI Perjuangan, PKS, Gerindra, serta NasDem menyatakan sepakat dengan adanya refocusing.

Rencananya, kata Wiyadi, anggaran yang bakal dipangkas antara lain meliputi anggaran kunjungan kerja (Kunker), Sosialisasi Perda (Sosper), serta Perjalanan Dinas (Perjas). “APBD kita sedang berdarah-darah. Jadi kita pun merasa perlu menghemat anggaran di DPRD. Akan kita refocusing anggaran yang kiranya tidak terlalu penting, untuk dialihkan ke program yang lebih dekat dengan kesejahteraan masyarakat, untuk menangani pandemi akibat Covid-19 ini,” kata Wiyadi.

Baca Juga:   Mantan Kadis PUPR Lamsel Divonis 6 Tahun Penjara

Pertemuan tersebut sekaligus menegaskan komitmen mereka mengawal kepemimpinan Eva-Deddy sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung. “Jadi dalam pertemuan ini, kita juga sepakat mengawal program Eva-Deddy, untuk bisa mewujudkan visi-misi sampai 2024. Terkait perlunya refocusing, Senin nanti kita lihat di RKA angkanya. Kita akan bicara dengan sekretaris dewan,” ucap Wiyadi.

Disinggung apakah pertemuan tersebut buntut dari gejolak di tubuh DPRD Bandarlampung baru-baru ini, Wiyadi sedikit berkilah. ”Tidak, menurut kami itu sudah selesai. Kami empat fraksi fokus terhadap agenda DPRD, karena kita merupakan amanah masyarakat dari masing-masing dapil. Kita bertemu pun untuk membahas aspirasi masyarakat. Tentang kemarin (gejolak), kita tunggu saja hasilnya seperti apa,” pungkasnya seraya menyebut refocusing angaran juga akan dilakukan pada Dinas PU, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Badan Pol PP, juga Dinas Perhubungan.

Baca Juga:   Delapan Kali Beraksi, Pembobol Rumah Dapat Tanda Mata Dari Tekab 308

Sementara, saat dikonfirmasi, Syuhada menyatakan sepakat dengan wacana refocusing anggaran tersebut. “Sikap PKS atas apa yang disampaikan, kita sepakat untuk mendukung langkah tersebut. Tentang teknis apa yang akan dipangkas, nanti temen fraksi yang lebih detail,” ucapnya.

Senada, Andika pun menyatakan partainya turut sepakat. “Gerindra mendukung selama itu dibutuhkan. Tinggal nanti secara teknis akan dirapatkan lagi oleh perwakilan kami di fraksi. Dan yang pasti kesepakatan ini terbuka, untuk fraksi lain ayo ikut bersama-sama membahasnya, dengan tujuan yang sama. Yakni kesejahteraan masyarakat Bandarlampung,” kata dia.

Juga sependapat, Naldi pun menyatakan NasDem mendukung penuh program refocusing. “Karena ini kan tujuannya untuk anggaran yang lebih sehat. Di mana Bandarlampung saat ini sedang fokus penanganan Covid-19. Jadi dana yang dialokasikan harus terserap maksimal untuk kesejahteraan masyakat,” tukasnya. (sur)



  • Bagikan